Segera Vaksin Hepatitis B Setelah Bayi Lahir, Alasannya...

Memberikan vaksin Hepatitis B lebih cepat bisa memaksimalkan perlindungan bayi dari paparan virus.

Mutia
| 7 Oktober 2018 17:32

Dream - Pemberian vaksin pada bayi biasanya baru dilakukan 2 hingga 5 hari setelah persalinan. Vaksin yang pertama kali diberikan adalan Hepatitis B. Tapi ternyata sangat dianjurkan untuk memberikan vaksin tersebut dalam 24 jam setelah persalinan.

Hal ini menurut rekomendasi American Academy of Pediatrics (AAP). Rupanya memberikan vaksin Hepatitis B lebih cepat bisa memaksimalkan perlindungan bayi dari paparan virus pemicu Hepatitis.

Hepatitis B adalah infeksi hati yang serius dan bisa berujung kematian. Faktanya, virus yang menyebabkan penyakit ini sangat menular. Ditularkan melalui kontak dengan cairan tubuh, luka atau darah seseorang yang terinfeksi.

Ibu yang terinfeksi virus hepatitis B dapat menularkan infeksi ini ke bayi mereka saat lahir. Orang dewasa yang terinfeksi juga dapat menularkan virus ke bayi saat merawat mereka.

Dalam banyak kasus, orang dewasa yang terinfeksi hepatitis B tidak merasa sakit atau tampak sakit dan bahkan tidak sadar bahwa mereka membawa virus. Pada orang dewasa yang sehat, sistem kekebalan biasanya dapat melawan infeksi hepatitis B dan membersihkannya dalam beberapa bulan.

Sementara pada bayi tak berlaku demikian. Virus lebih mungkin untuk tinggal di tubuh sepanjang hidup (disebut infeksi hepatitis B kronis), dan seiring waktu, dapat menyebabkan kerusakan hati, gagal hati, kanker hati atau bahkan kematian.

Vaksinasi dapat membuat perbedaan besar. Dosis pertama dari vaksin hep B sangat efektif dalam mencegah infeksi dari ibu ke bayi ketika diberikan dalam 24 jam pertama bayi baru lahir.

Setelah menerima jumlah dosis lengkap, sebanyak 98 persen bayi sehat menjadi kebal sepenuhnya terhadap virus tersebut. Mengingat betapa tidak tersembuhkannya virus hepatitis B pada orang dewasa, sangat penting untuk memvaksinasi semua bayi baru lahir ketika tingkat virus berbahaya ini meningkat di masyarakat.

Sumber: What to Expect

 

Museum NU di Surabaya Dijadikan Posko Prabowo-Sandi?

Jangan Lewatkan