Sederet Perubahan Fisik Pada Ibu Setelah Melahirkan

Jangan kaget dengan perubahan berikut.

Mutia Nugraheni
| 12 Maret 2021 10:05

Dream - Hamil membuat ibu mengalami perubahan fisik yang sangat drastis dalam hitungan bulan. Bukan hanya yang tampak dari luar, tapi juga di dalam. BEgitu pun setelah melahirkan.

Setelah bayi keluar, tak lantas semua kondisi tubuh ibu jadi seperti semula. Ada perubahan signifikan pada tubuh ibu setelah melahirkan. Dokter Ivan M Sondakh, Sp.OG, dari Klinik Health360 Indonesia, memberikan penjelasan apa saja perubahan yang dialami ibu pasca persalinan

1. Vagina, hymen, otot pelvis
Vagina pasca melahirkan akan sedikit melebar tapi nantinya akan berangsur-angsung kembali ke keadaan normal. Vagina akan kembali sekitar 3 minggu setelah melahirkan.

“ Ukurannya dan otot-otot dalam vagina akan berkontraksi sehingga ukurannya tidak akan seperti saat lahiran,” kata dr. Ivan dalam sebuah acara beberapa waktu lalu.

2. Dinding perut
“ Dinding wanita saat hamil akan sedikit membesar, nah tapi nantinya dinding perut ini akan berangsur-angsur kembali sedia kala,” ujar dr. Ivan.

Dinding perut yang kendor, sebagian akan kembali jadi tidak perlu cemas akan hal ini. Hanya perlu perawatan khusus saja dalam mengembalikan dinding perut ke kondisi semula.

 

 

Selanjutnya :

Kulit, Rambut dan Payudara

Topik Terkait :

Muhasabah bersama Ustaz Erick Yusuf

Jangan Lewatkan