Sebelum Proses Persalinan, Para Ibu Sebaiknya Lakukan Hal Ini

Demi persalinan lebih tenang dan lancar, sebaiknya ibu tahu hal ini.

Mutia Nugraheni
| 13 November 2017 12:07

Dream - Rasa tegang dan khawatir pastinya jadi hal yang dialami para ibu menjelang proses persalinan atau ketika usia kandungan sudah lebih dari 9 bulan. Segala persiapan pun sudah dilakukan. Seperti memilih rumah sakit untuk persalinan dan menyiapkan tas yang langsung dibawa ke RS.

Ada hal lain juga sebaiknya dilakukan para ibu agar proses persalinan berjalan lebih tenang. Ingin tahu apa saja?

Pemeriksaan antenatal
Dokter biasanya memberikan perkiraan tanggal kelahiran bayi, yang bisa maju atau pun mundur. Sebelum tanggal tersebut, tetap lakukan pemeriksaan rutin. Bahkan jika sudah dekat,
dokter akan menyarankan pemeriksan satu kali dalam seminggu, apalagi jika kehamilan berisiko tinggi.

Jangan sepelekan pemeriksaan ini karena sangat penting bagi dokter mengetahui
kondisi fisik ibu dan bayi sebelum jalani persalinan.

Bicarakan keinginan seputar epidural dan induksi
Untuk para ibu yang baru pertama kali menjalani persalinan mungkin belum akrab dengan dua hal ini. Epidural adalah pemberian pereda nyeri kontraksi saat persalinan, sementara induksi adalah metode untuk memicu kontraksi untuk memicu bukaan lebih cepat.

Kedua hal ini harus dibicarakan dengan dokter. Apakah Anda ingin mendapat epidural atau induksi, harus dibicarakan secara detail. Dokter pastinya akan menjelaskan dan memberi tahu risikonya. Keputusan tetap berada di tangan ibu.

Cari bantuan yang bisa diandalkan
Hal apapun bisa terjadi setelah persalinan. Ibu sangat membutuhkan bantuan, bukan hanya untuk mengurus bayinya tapi mengurus ibu sendiri karena masih dalam proses pemulihan. Jadi, sebaiknya jauh-jauh hari Anda sudah meminta bantuan orang lain, bisa kerabat, orangtua atau tenaga khusus.

Survei kunjungan home visit untuk bayi dan ibu
Perawatan pasca persalinan sangat dibutuhkan ibu dan bayi. Pada beberapa rumah sakit, khususnya RS Ibu dan Anak, menyediakan layanan home care visit. Setelah bayi pulang selama 3 hingga 5 hari akan ada suster yang datang ke rumah untuk memeriksa dan mengajarkan ibu untuk merawat si kecil. Para suster ini juga bisa mengajari ibu untuk merawat luka bekas persalinan. Jangan segan untuk melakukan survei dan menanyakan layanan ini.

Laporan Annisa Mutiara

Sekolah di Mobil WiFi

Jangan Lewatkan