Sebelum Kehamilan Terjadi, Lakukan Persiapan Ini

Agar nantinya pembuahan bisa berjalan dengan baik dan janin pun dalam kondisi sehat hingga dilahirkan.

Mutia Nugraheni
| 26 April 2017 15:54

Dream - Kehamilan jadi salah satu hal yang dinanti pasangan suami istri. Memiliki keturunan memang dibutuhkan persiapan yang matang, baik mental, spiritual, fisik maupun finansial. Bagi Anda yang saat ini bersama pasangan sedang merencanakan kehamilan, ada persiapan kesehatan yang sangat penting untuk dilakukan.

Persiapan tersebut dalam istilah medis dikenal sebagai Antenatal Care (ANC). Persiapan untuk kehamilan atau prekonsepsi idealnya meliputi identifikasi ada tidaknya faktor kebiasaan, kesehatan, sosial dan lingkungan yang dapat mempengaruhi kesuburan dan kehamilan.

" Persiapan sebelum masa kehamilan sangat penting dikarenakan periode pembentukan organ pertama terjadi pada usia kehamilan 3 – 10 minggu. Namun 30% ibu hamil di Indonesia ternyata baru mulai melakukan kunjungan antenatal di usia kehamilan >12 minggu," ujar dr. Rully Ayu Nirmalasari, SpOG dari Bamed Women's Clinic, Jakarta.

Antenatal Care (ANC) sendiri merupakan program yang terencana berupa observasi, edukasi, dan penanganan medik pada ibu hamil. Komponennya meliputi identifikasi risiko, pencegahan dan penanganan penyakit yang berhubungan dengan kehamilan.

Pemeriksaannya antara lain darah, kondisi fisik ibu maupun ayah, serta mengetahui secara jelas risiko yang mungkin muncul jika kehamilan terjadi. Hal ini merupakan langkah pencegahan, karena jika terjadi masalah kesehatan, bisa dilakukan terapi secepat mungkin.

Misalnya jika sebelum hamil dilakukan pemeriksaan detail, bisa diketahui apakah ibu terpapar virus yang bisa membahayakan janin kelak. Begitu juga untuk mengetahui kondisi kesehatan calon ibu dan ayah, agar nantinya pembuahan bisa berjalan dengan baik dan janin pun dalam kondisi sehat hingga dilahirkan.

" Berdasarkan panduan ANC dari WHO tahun 2016, tujuan ANC adalah menempatkan perempuan pada pusat perhatian utama dalam pelayanan kesehatan, memberikan pengalaman kehamilan yang memuaskan, memastikan bahwa janin yang dikandungnya mendapatkan titik awal kehidupan yang terbaik," kata dr. Rully.


Suumber: Bamed Women's Clinic

 

Merawat Warisan [TEASER]

Jangan Lewatkan