'Screen Time' Panjang, Lakukan Hal Demi Jaga Kesehatan Mata Anak

Pandemi membuat anak bermain gadget dan menatap layar lebih lama dari seharusnya.

Mutia Nugraheni
| 3 Juni 2021 12:03

Dream - Sekolah secara online, hiburan pun didapatkan melalui layar, termasuk video call dengan kakek, nenek serta saudaranya semunya menggunakan gadget. Pandemi membuat anak-anak lebih lama menggunakan gadget dan screen time.

Anak menatap layar bisa mencapai lebih dari 3 jam dalam sehari. Seperti yang kita tahu, terlalu lama menggunakan gadget bisa membahayakan kesehatan mata anak. Sederet masalah bisa muncul seperti gangguan minus, silindris, serta mata kering.

Untuk itu, penting bagi orangtua tetap memperhatikan kesehatan mata anak, terutama ketika mereka cukup lama sekolah online atau lebih dari satu jam. Lakukan langkah berikut untuk menjaga kesehatan mata anak.

Atur dengan benar
Perhatikan layar yang dilihat anak setiap hari. Terutama laptop atau PC yang mereka gunakan untuk sekolah. Pastikan posisinya sesuai dengan tubuh anak, mulai dari ketinggian dan sisi kanan maupun kiri.

Layar yang terlalu tinggi bisa membuat leher anak menjadi tegang. Cari juga kursi yang pas untuk anak-anak. Kursi harus memungkinkan kaki anak-anak berbaring rata di lantai dan layar komputer harus setinggi mata dan setinggi lengan.

Ukuran huruf/ layar yang besar
“ Bukan hal yang aneh jika seorang anak tengkurap melihat layar dari jarak yang sangat dekat,” kata Shamroze Khan, dokter mata yang juga asisten profesor di University of Waterloo’s School of Optometry, dikutip dari Todays Parent.

Khan menjelaskan bahwa anak tersebut kemungkinan akan memegang layar lebih dekat dengan cara itu. Mata biasanya harus bekerja lebih keras ketika memegang sesuatu lebih dekat. Untuk itu akan lebih baik setting huruf dengan besar atau gunakan layar yang lebih besar agar mata anak merasa nyaman.

 

Selanjutnya :

Main ke luar rumah dan istirahat

Nikita Mirzani Dilarikan Ke Rumah Sakit

Jangan Lewatkan