Sakit Perut dan Diare, Bisa Jadi Gejala Covid-19 Pada Anak

Kondisi tersebut harus diwaspadai para orangtua dan tim medis.

Mutia Nugraheni
| 14 Mei 2020 12:04

Dream - Virus covid-19 terus mengalami perubahan gejala yang harus diwaspadai, terutama pada anak-anak. Sebelumnya virus ini hanya menimbulkan gejala seperti batuk dan sesak.

Kini menurut peneliti, pada anak-anak khususnya, gejala yang muncul bisa berupa sakit perut dan diare. Kesimpulan ini didasarkan pada kasus lima anak yang dirawat di rumah sakit dengan gejala saluran pencernaan dan kemudian didiagnosis dengan pneumonia dan COVID-19. .

Anak-anak dengan penyakit dan diare yang juga mengalami demam atau riwayat perjalanan di daerah terjangkit, harus dicurigai menderita COVID-19. Hal tersebut merupakan kesimpulan peneliti yang diterbitkan pada 12 Mei 2020 di Journal Frontiers in Pediatrics.

" Anak-anak ini mencari nasihat medis di gawat darurat untuk masalah yang tidak berhubungan, misalnya, satu memiliki batu ginjal, yang lain trauma kepala. Semua memiliki pneumonia yang dikonfirmasi oleh CT scan dada sebelum atau segera setelah masuk dan kemudian dikonfirmasi untuk memiliki COVID-19," kata penulis studi Dr. Wenbin Li, dari Departemen Pediatri di Rumah Sakit Tongji di Wuhan, Cina.

" Sementara gejala awal mereka mungkin tidak terkait, atau gejala COVID-19 mereka awalnya ringan atau relatif tersembunyi sebelum masuk ke rumah sakit. Empat dari lima kasus memiliki gejala saluran pencernaan sebagai manifestasi pertama penyakit ini," katanya.

 

Selanjutnya :

Infeksi Terjadi di Pencernaan

Melihat Kelanjutan Nasib Konser Tunggal Ayu Ting Ting

Jangan Lewatkan