Rutin Konsumsi Vitamin B12 untuk Menjaga Level Kesuburan

Terutama untuk mereka yang sedang merencanakan kehamilan.

Mutia Nugraheni
| 1 Februari 2019 12:08

Dream - Masalah kesuburan bukan hanya terjadi pada kaum perempuan tetapi juga laki-laki. Banyak yang tak tahu kalau salah satu penyebab utama masalah kesuburan atau sulit hamil adalah kekurangan vitamin B12 dalam tubuh.

Beberapa penelitian mengungkap kadar B12 yang rendah dalam tubuh dapat memengaruhi kesuburan baik pada laki-laki dan perempuan. Jika Sahabat Dream telah mencoba untuk hamil untuk waktu yang lama sekarang tanpa hasil, bisa jadi salah satu alasannya mungkin karena kekurangan vitamin B12 dalam tubuh.

Apa itu Vitamin B12?
Vitamin B12 adalah vitamin yang larut dalam air yang membantu berfungsinya otak dan sistem saraf. Ini adalah vitamin B terbesar dan sangat penting untuk metabolisme sel-sel tubuh. Selain itu, vitamin ini memainkan peran utama dalam memproduksi komponen genetik DNA dan RNA dari telur serta sperma.

Saat tubuh Anda kekurangan B12, maka dapat mengakibatkan konsekuensi serius. Seperti kelemahan, kehilangan ingatan, infertilitas, anemia, masalah neurologis atau kejiwaan. Berikut adalah bagaimana kekurangan Vitamin B12 mempengaruhi laki-laki da perempuan.

1. Pada Pria
Vitamin B12 memainkan peran penting dalam pembentukan dan pematangan sperma. Pria yang menderita masalah kesuburan harus mempertimbangkan mengonsumsi makanan yang kaya akan Vitamin B12 untuk memenuhi kebutuhan Vitamin B12 dalam tubuh mereka. Kekurangan vitamin ini dapat secara negatif mempengaruhi jumlah sperma atau menyebabkan jumlah sperma rendah, kerusakan DNA dalam sel sperma, hilangnya libido dan ejakulasi dini

2. Pada perempuan
Perempuan yang kekurangan vitamin B12 bisa membuatnya sulit untuk hamil. Jika kehamilan terjadi dan level vitamin sangat minim pada tubuh akan meningkatkan risiko keguguran. Efeknya juga antara lain gangguan pada pembelahan sel normal serta perkembangan sel telur terganggu.

Untuk mendapat asupan B12, perbanyak konsumsi hati sapi daging sapi, kerang, yogurt, susu, telur dan ikan tuna. Pertimbangkan juga mengonsumsi suplemen vitamin B. Berkonsultasilah dulu dengan dokter untuk tahu dosis yang tepat.

Sumber: Firstcry

4 Lagu Romantis yang Cocok Diputar saat Hari Valentine

Jangan Lewatkan