Rutin Cuci Hidung Si Kecil Bisa Cegah Rhinosinusitis

Cari tahu cara melakukannya.

Mutia Nugraheni
| 27 April 2021 14:05

Dream – Salah satu keluhan yang sering dialami anak-anak adalah rhinosinusitis. Gangguan tersebut merupakan peradangan pada rongga sinus di hidung. Hidung merupakan organ tubuh yang berfungsi sebagai alat pernapasan, menyaring udara kotor yang masuk, sebagai indera penciuman, dan pengaturan saluran pernapasan.

Pada hidung terdapat organ-organ, seperti rongga sinus, tulang tengah hidung, saraf, dan bulu rambut hidung. Setiap organ pada hidung memiliki fungsinya masing-masing.

“ Sesuai dengan namanya rhino artinya hidung, sinus itu adalah rongga sinus, sitis itu artinya peradangan, jadi rhinosinusitis itu artinnya ada peradangan di rongga hidung dan rongga sinus,” ujat dr. Hemastia Manuhara Harba’i, spesialis THT-KL pada webinar Pentingnya Kebiasaaan Cuci Hidung Bagi Penderita Sinusistis, Senin, 26 April 2021.

Kasus rhinosinusitis cukup tinggi di masyarakat. Salah satu penyebabnya adalah virus, terutama pada anak-anak.

“ Penyebab nya paling sering di era pandemi seperti ini pada dewasa adalah rhinovirus, coronavirus, dan pada anak-anak juga ada macam-macam lainnya, selain virus juga bisa disebabkan oleh bakteri seperti pneumoniae, influencae,” kata dr. Hemastia.

 

Selanjutnya :

Gejala yang Harus Diwaspadai

Muhasabah bersama Ustaz Erick Yusuf

Jangan Lewatkan