Rutin Bersihkan Puting Payudara Saat Hamil dan Menyusui, Ini Manfaatnya

Jang sepelekan kebersihan payudara.

Mutia Nugraheni
| 22 Februari 2021 16:04

Hindari Sabun

2. Gunakan air hangat saat membersihkan
Usahakan membersihkan dengan air hangat agar proses pembersihan bisa semakin maksimal. Hanya saja, perhatikan juga suhu air hangatnya agar jangan sampai terlalu panas, sekitar 45 derajat celsius saja. Jika suhu terlalu tinggi kulit yang sensitif akan lebih rentan mengalami luka bakar.

3. Jangan menggunakan sabun
Salah satu kesalahan yang sering dilakukan saat membersihkan puting adalah menggunakan sabun, terlebih saat mandi. Padahal sabun membuat kulit menjadi kering. Pemakaian sabun terlalu sering pada kulit puting akan berisiko terluka. Jadi pada saat mandi, sebisa mungkin area puting jangan dikenakan sabun. Lebih baik gunakan krim payudara khusus atau baby oil.

4. Gunakan pelapis puting (breast pad)
Untuk mengurangi frekuensi mengganti bra, memasang pelapis tambahan di dalam bra adalah cara yang tepat. Jadi saat cairan keluar akan langsung terserap oleh pelapis, dan puting akan tetap kering.

Namun, brea pad tambahan untuk menyerap susu yang kerap merembes keluar harus dipastikan untuk selalu diganti sesaat mulai basah. Agar tidak terjadi infeksi jamur, bakteri, dan radang.

Selanjutnya :

Lakukan Rutin

Topik Terkait :

Women Spirit in Natural & Sustainable Living

Jangan Lewatkan