Redakan Lelah dan Mual Saat Hamil dengan Minyak Esensial

Bisa jadi 'senjata' andalan saat ibu mengalami keluhan selama kehamilan.

Mutia Nugraheni
| 13 November 2018 14:11

Dream - Minyak esensial kini sedang naik daun. Aromanya memang bisa memunculkan efek relaksasi, meredakan ketegangan yang dampaknya mengurangi keluhan yang terkait kondisi kesehatan fisik. Seperti saat ibu dalam kondisi hamil.

Rasa mual yang hebat biasanya muncul di awal kehamilan. Saat memasuki trimester ketiga, bobot tubuh sudah bertambah pesat dan ibu hamil kerap mengalami pegal-pegal, keram dan kesemutan.

Untuk menyiasatinya, ibu bisa menggunakan minyak esensial. Untuk mual misalnya, cari minyak esensial beraroma jahe. Dikutip dari Wife and Mom, hangatkan minyak esensial dalam tungku dan biarkan sampai beruap dan hirup aromanya secara perlahan.

Bisa juga mengusap lembut minyak jahe yang sudah dihangatkan di bagian dada atau perut. Selain jahe, aroma yang juga bisa dipilih adalah peppermint. Aroma minyak satu ini cukup efektif menurunkan pusing dan mual.

Tak hanya itu minyak peppermint juga bisa mengurangi lelah. Terutama di bagian punggung, pinggang dan kaki. Nyeri punggung dan pinggang kerap dialami ibu hamil. Untuk meredakannya hangatkan saja minyak pepperminta kemudian balur di bagian tubuh yang terasa pegal.

Sementara untuk menenangkan pikiran dan mengurangi rasa cemas yang suka dialami ibu hamil, hirup saja aroma lavender. Aromanya bisa membuat lebih tenang, apalagi jika dihirup di ruangan yang nyaman dan tidak bising.

Selamat mencoba, Bunda!

Topik Terkait :

4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian

Jangan Lewatkan