Rawat Inap Anak karena Omicron Rekor Tertinggi di 4 Negara

Banyak terjadi pada anak usia 5 tahun ke bawah.

Mutia Nugraheni
| 28 Januari 2022 14:08

Dream - Kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia naik secara signifikan. Di Jakarta, sebanyak 90 sekolah kembali menerapkan kembali belajar online, menyusul ditemukannya kasus Covid-19.

Varian Omicron memang lebih cepat menjangkiti manusia. Hal ini karena menurut penelitian tim dari University of Hong Kong varian Omicron dapat bereplikasi (memperbanyak diri) 70 kali lipat lebih cepat di dalam jaringan saluran pernapasan manusia.

Omicron, dikutip dari KlikDokter, menginfeksi jaringan bronkus lebih cepat daripada varian lain. Bronkus merupakan organ pernapasan yang berfungsi mengatur jumlah udara yang boleh masuk ke paru-paru.

Kondisi tersebut membuat Omicron di lima negara jadi pemicu utama rawat inap di kalangan usia anak-anak di lima negara. Yaitu Inggris, Prancis, Spanyol dan Amerika Serikat.

Hal tersebut diungkap oleh Adam Prabata, dokter yang juga edukator seputar Covid-19 lewat akun Instagram resminya @adramprabata. Ia memaparkan grafik kasus rawat inap anak-anak di lima negara karena Omicron.

" Terjadi lonjakan kasus rawat inap pada beberapa kelompok usia anak di negara-negara tersebut (Inggris, Prancis, Spanyol dan Amerika Serikat). Tingginya kasus rawat inap pada anak ini belum pernah terjadi pada gelombang varian-varian sebelumnya," tulisnya.

Kasus rawat inap Covid-19 pada kalangan anak-anak memang melonjak drastis di Amerika Serikat, pada Januari 2022. Rata-rata terjadi pada 4,3 anak yang berusia di bawah 5 tahun per 100.000 kasus.

Presentase peningkatannya sebesar 48% dari 4 Desember 2021, dan peningkatan terbesar dalam tingkat rawat inap kelompok usia dini selama pandemi. Kondisi yang hampir mirip juga terjadi di Inggris, Prancis dan Spanyol.

 

Selanjutnya :

Anak- anak Juga Bisa Alami Gejala Post Covid Sydrome

BERANI BERUBAH: Kostum Robot dari Hobi Jadi Rezeki - Berani Berubah

Jangan Lewatkan