Ramai Produk Essential Oil untuk Bayi, Amankah?

Sebelum menggunakannya untuk si kecil, orangtua wajib baca ini.

Mutia Nugraheni
| 25 Mei 2021 16:04

Dream - Minyak atsiri atau essential oil kini tengah populer di kalangan para ibu. Terutama yang suka memberikan terapi rumahan untuk redakan keluhan kesehatan ringan pada bayi dan anak-anaknya.

Beragam produk minyak essential bermunculan dan harganya cukup mahal. Biasanya, produk ini digunakan dengan dioles atau menggunakan difuser agar uapnya bisa dihirup. Lalu amankan jika digunakan pada bayi?

Sayangnya, meskipun berasal dari bahan alami menurut dr. Anna Esparham, M.D., seorang dokter anak di Children’s Mercy Hospita Kansas City, minyak esensial terlalu keras untuk digunakan secara umum pada bayi di bawah sembilan bulan.

" Minyak atsiri dapat memengaruhi sekresi dan fungsi pernapasannya. Pasalnya, bayi menyerap lebih banyak karena luas permukaan tubuh mereka,” kata Esparham, dikutip dari Fatherly. 

Minyak dapat digunakan untuk anak-anak yang berusia lebih dari sembilan bulan, tetapi membutuhkan pengenceran 1,25%. Esparham memperingatkan, kebanyakan minyak esensial tidak aman untuk digunakan pada anak-anak di bawah lima tahun.

Sebagian besar produk minyak esensial biasanya tidak terdapat label peringatan soal keamanan untuk bayi bayi. Untuk itu, sulit bagi orangtua untuk mengetahui minyak mana yang mungkin memiliki kontraindikasi atau membawa risiko efek samping.

Esparham merekomendasikan untuk berkonsultasi lebih dulu sebelu mengaplikasikan minyak esensial pada anak di bawah lima tahun. Ingat, setiap minyak esensial dapat mengandung ratusan bahan kimia berbeda.

" Kita harus memperhatikan sifat-sifat yang dimiliki semua bahan kimia ini dan sulit untuk mengetahuinya kecuali mempelajarinya," kata Esparham.

Selanjutnya :

Kondisi Gatal Pada Kulit Anak yang Tak Boleh Disepelekan

BERANI BERUBAH: Bunga Rezeki dari Rak Bunga - Berani Berubah

Jangan Lewatkan