Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Rahasia Zivanna Kembalikan Perut Ramping Setelah Persalinan

Rahasia Zivanna Kembalikan Perut Ramping Setelah Persalinan Zivanna Letisha (Foto: Instagram)

Dream - Bentuk tubuh setelah melahirkan memang kerap kali jadi masalah para ibu. Perut yang bergelambir, meningkatkan bobot tubuh, rasa pegal dan nyeri di seluruh tubuh, belum lagi area tubuh yang menghitam karena hormon.

Untuk menyiasati hal tersebut, Zivanna Letisha Siregar, Puteri Indonesia 2008 ternyata mengandalkan cara tradisional. Perempuan yang baru saja melahirkan putra pertamanya, Ryoji
Ibrahim pada 16 November lalu, menjalani perawatan tradisional berupa bengkung.

Hal ini terlihat dari postingan di akun Instagramnya. Istri dari Argareza Harahap, itu memanggil suster khusus ke rumahnya agar mendapat perawatan maksimal.

"H+7 pasca lahiran. Masih adaptasi sama dunia ke-ibu-an ini sambil masa pemulihan. Aku juga ngikutin tradisi ibu-ibu kita zaman dulu pake gurita dan bengkung buat balik ngencengin perut," tulis Zizi, sapaan akrabnya.

Bukan hanya mengenakan gurita dan bengkung, Zizi juga menjalani totok wajah dan pijat ASI. Perawatan ini memang dibutuhkan ibu pasca melahirkan karena tubuh sangat kelelahan setelah persalinan. Belum lagi harus bangun tiap 2 jam sekali untuk menyusui.

Dengan pijatan akan membuat ibu lebih rileks sehingga akan berdampak positif bagi produksi ASI. Tak hanya itu, Zizi juga menjalani perawatan mandi uap dan mandi rempah.

 

Cerita Haru Persalinan Putra Pertama Zivanna Letisha

Dream - Pengalaman pertama menjalani proses persalinan pasti begitu membekas dalam ingatan tiap ibu. Rasa sakit, takut, khawatir serta bahagia bercampur menjadi satu dan selalu jadi cerita penuh makna, yaitu perjuangan seorang ibu untuk melahirkan buah cintanya.

Seperti cerita Zivanna Letisha, Putri Indonesia 2008 yang juga finalis Miss Universe 2009. Ia baru saja melahirkan putra pertamanya pada 16 November 2017 kemarin. Zizi, sapan akrabnya, membagi detik-detik persalinannya.

Ditemani sang suami, Argareza Harahap, Zizi menjalani persalinan normal. Ia merasakan kontraksi sejak pagi 03.30 WIB dan bayinya lahir dengan sehat pada pukul 12.50 WIB. Bayi lucu itu diberi nama Ryoji Ibrahim Harahap.

 

Cerita persalinan (bagian 2) Foto-foto ini jelas bukan angle-angle terbaikku, tapi cerita di balik foto-foto ini nggak terbayar dengan apapun. Tanggal 16 Nov pukul 3.30 pagi, lagi tidur kebangun2 terus krn tidur udh nggak enak, kanan kiri semua salah. Mulai curiga apa betul ini yg namanya kontraksi. Mulai menghitung waktu pakai rumus 5-1-1 (5 menit sekali terjadi kontraksi durasi 1 menit selama 1 jam), sampai akhirnya jam 4 pagi memutuskan untuk mandi dan masuk2in barang ke mobil untuk siap2 brngkt ke RS. Jam 6.30 sampai di RS, baru diperiksa dokter pukul 8.30 dan dinyatakan bukaan 1. Saat itu sakitnya udah lumayan berasa, tapi masih disuruh tunggu 4 jam lagi dokter akan kembali periksa. Jujur saat itu aku lumayan panik krn baru bukaan 1 tp kok sakitnya udh WOWW rasanya, gak kebayang hrs nunggu 4 jam nahan sakit kyk gini. Belajar teknik hypnobirthing dari hamil, kita nggak boleh nyerah sama rasa sakit yg datang. Duduk di gymball, melakukan gerakan2 yoga di matras, dan jalan mengelilingi ruangan terus menerus, sambil sekali rebahan di kasur kalau sakitnya betul2 dahsyat. Ternyata cara itu berhasil membuka panggul lebih cepat. Pukul 11 pagi aku ternyata sudah bukaan 5, pukul 11.30 bukaan 7, sekitar pukul 12 sudah bukaan 9. Intensitas kontraksi semakin HEBAT dan benar2 dahsyat. Akupun dibawa langsung ke ruang bersalin. Dengan menggunakan sisa-sisa tenaga yg ada, mencoba mengejan sesuai arahan bidan, dengan didampingi suami. Buat para suami-suami diluar sana, percayalah, kehadiran kalian di ruang bersalin pengaruhnya BESAR sekali. Kalau kalian aja takut, bayangin brp kali lipat rasa takutnya istri yg melahirkan. Kasih semangat, kasih afirmasi positif, kasih cium banyak-banyak krn melahirkan butuh banyak hormon oksitosin alias hormon bahagia untuk melancarkan jalan keluar bayi saat proses berlangsung. Dan aku bersyukur bgt, walaupun jadi #PejuangLDR cuma ketemu 3x selama hamil sm suami, tetap selalu melibatkan suami selama 9 bulan perkembangan bayi. Kuncinya, kerjasama! (To be continued)

A post shared by Zivanna Letisha Siregar (@zivannaletisha) on

"Semua penjelasan gak bisa menjelaskan seperti apa sebenarnya rasa sakitnya. Mungkin tiap orang beda-beda rasanya, di badan saya, sakitnya LUAR BIASA. Foto ini diambil oleh teman saya @bukaan.moment saat sedang "menikmati" kontraksi BARU di pembukaan 1 (masih ada 9 pembukaan lagi!!!). Duduk di gym ball, melakukan beberapa pose yoga di matras, dan tetap bergerak, gak boleh pasrah sama rasa sakit dgn tiduran kasur. Dengan begitu pembukaan akan semakin cepat. Begitu yg saya pelajari," tulis Zizi di akun Instagramnya.

Bersama suami, Zizi terus memberi afirmasi positif untuk tubuh dan janin dalam kandungan agar menjalani persalinan yang lancar. Ia pun mengontrol rasa nyeri kontraksi dengan sangat baik.

 

16.11.2017 Pukul 12.50. Di tanggal dan waktu yg bersejarah ini, Alhamdulillah telah lahir bayi laki-laki pertama kami, yang ditunggu-tunggu selama 40 minggu 5 hari. Di tanggal bersejarah ini, akhirnya aku merasakan betapa berat dan DAHSYATnya perjuangan menjadi seorang Ibu, antara sadar dan tidak, mengerahkan 1000% tenaga untuk mengeluarkan si bayi kecilku. Syukur Alhamdulillah punya keluarga yg sangat sayang, suportif, dan selalu ada saat dibutuhkan. Terutama untuk suamiku tersayang @argareza , for your endless support, my super husband, my super birth coach, my positive energy, my love, my everything ❤ Welcome to the world, bayi koalaku, bayi beruangku, . Ryoji Ibrahim Harahap. . We are ready to love you for a lifetime, Yoji 😍🤗 . #BabyYoji #ZiziArgaJourney . (thank you for your sincere support my dearest @ayudiac @diafotografer !! ❤)

A post shared by Zivanna Letisha Siregar (@zivannaletisha) on

"Duduk di gymball, melakukan gerakan2 yoga di matras, dan jalan mengelilingi ruangan terus menerus, sambil sekali rebahan di kasur kalau sakitnya betul2 dahsyat. Ternyata cara itu berhasil membuka panggul lebih cepat. Pukul 11 pagi aku ternyata sudah bukaan 5, pukul 11.30 bukaan 7, sekitar pukul 12 sudah bukaan 9. Intensitas kontraksi semakin HEBAT dan benar2 dahsyat. Aku pun dibawa langsung ke ruang bersalin. Dengan menggunakan sisa-sisa tenaga yg ada, mencoba mengejan sesuai arahan bidan, dengan didampingi suami. Buat para suami-suami diluar sana, percayalah, kehadiran kalian di ruang bersalin pengaruhnya BESAR sekali," ungkap Zizi.

 

Ia bahkan mengungkap kalau selama hamil hanya bertemu tiga kali dengan sang suami. Argareza memang bekerja di luar negeri dan Zizi memilih menetap di Indonesia.

"Aku bersyukur banget, walaupun jadi #PejuangLDR cuma ketemu 3x selama hamil sama suami, tetap selalu melibatkan suami selama 9 bulan perkembangan bayi. Kuncinya, kerjasama!," tulis Zizi.

Wah, perjuangan Zizi dan suami, bisa dijadikan inspirasi ya Sahabat Dream!

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
4 Tradisi Masa Lalu Lahirnya Bayi di Kerajaan Inggris, Ada yang Bikin Syok

4 Tradisi Masa Lalu Lahirnya Bayi di Kerajaan Inggris, Ada yang Bikin Syok

. Hadirnya keturunan dalam sebuah Kerajaan memang jadi hal yang sangat krusial, karena kelak bayi yang lahir bisa jadi pemegang tahta.

Baca Selengkapnya
Mengenal Upacara Tingkeban dalam Tradisi Jawa dan Doa Kehamilan 7 Bulan untuk Ibu serta Janin

Mengenal Upacara Tingkeban dalam Tradisi Jawa dan Doa Kehamilan 7 Bulan untuk Ibu serta Janin

Tingkeban adalah upacara adat Jawa yang dilakukan untuk merayakan kehamilan tujuh bulan sebagai tanda syukur.

Baca Selengkapnya
Hanya Ada di Kalimantan, Inilah Hewan yang Punya Wujud Sepertik Naga

Hanya Ada di Kalimantan, Inilah Hewan yang Punya Wujud Sepertik Naga

Biawak tanpa telinga adalah reptil yang langka dan hanya ditemukan di Kalimatan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bahaya Terlalu Sering Mengucek Mata, Bisa Picu Masalah Kornea

Bahaya Terlalu Sering Mengucek Mata, Bisa Picu Masalah Kornea

Mengucek mata bisa disebabkan beberapa hal. Ketahui penyebabnya agar bisa terhindar dari kebiasaan yang justru memperburuk kesehatan mata.

Baca Selengkapnya
5 Tradisi Malam Takbir Menyambut Hari Raya Idul Fitri di Indonesia

5 Tradisi Malam Takbir Menyambut Hari Raya Idul Fitri di Indonesia

Dengan segala kekayaan suku, daerah, dan budaya, tradisi malam takbir menyambut Hari Raya Idul Fitri menjadi bagian penting dari perayaan hari kemenangan.

Baca Selengkapnya
Cara Mempunyai Anak Perempuan Cantik, Ini Rahasianya yang Penting Diketahui Ayah dan Bunda

Cara Mempunyai Anak Perempuan Cantik, Ini Rahasianya yang Penting Diketahui Ayah dan Bunda

Posisi saat berhubungan intim hingga asupan makanan yang dikonsumsi berpengaruh untuk hamil anak perempuan.

Baca Selengkapnya
Kisah Pilu Wanita Hamil Perutnya Tiba-tiba Kempis Saat Kandungan Usia 4 Bulan, Anehnya Iparnya Tiba-tiba Hamil 4 Bulan

Kisah Pilu Wanita Hamil Perutnya Tiba-tiba Kempis Saat Kandungan Usia 4 Bulan, Anehnya Iparnya Tiba-tiba Hamil 4 Bulan

Meski tak mau berprasangka buruk, namun Wulan merasa ada yang aneh karena tiba-tiba janinnya hilang.

Baca Selengkapnya
Deretan Artis Pria yang Lakukan Sulam Alis, Penampilannya Kini Bikin Pangling

Deretan Artis Pria yang Lakukan Sulam Alis, Penampilannya Kini Bikin Pangling

Tak hanya wanita, sederet artis pria ini pun selalu menjaga penampilannya. Mereka pun rela merogoh kocek dalam demi mendapatkan penampilan yang sempurna.

Baca Selengkapnya
3 Cara Melatih Pernapasan Agar Tidak Mudah Sesak

3 Cara Melatih Pernapasan Agar Tidak Mudah Sesak

Pernapasan yang terasa sesak bisa disebabkan banyak hal. Hal itu pun bisa dicegah dan diredakan dengan 3 metode pernapasan.

Baca Selengkapnya