Putranya Diare, Tya Ariestya Kumpulkan Kotoran Sang Anak

Ia harap-harap cemas dan gerak cepat saat sang anak buang air besar. Simak pengalamannya.

Mutia Nugraheni
| 28 Juli 2017 10:07

Dream - Sebagai ibu yang baru pertama kali mengurus anak, Tya Ariestya tak lepas dari kepanikan. Terutama ketika Kanaka, putra pertamanya, sakit. Beberapa hari lalu, Kanaka mengalami diare.

Saat buang air besar, Kanaka tak seperti biasanya. Kotorannya terlihat berlendir dan berbau sangat menyengat. Tya pun curiga kalau ada yang tidak beres. Ia segera berkonsultasi dengan dokter anak yang biasa menangani Kanaka. Hal itu diceritakannya di akun Instagram Tya @tya_ariestya pada Kamis, 27 Juli 2017 kemarin.

 

Ini share ttg Cerita Kanaka yg skitar 1minggu lalu yg sempet kena Diare Jadi berawal pas bersihin pup kanaka kok warnanya gak kayak biasanya kuning pucat, lbh encer dari biasanya, sedikit berlendir & bau nya nyengat bgt Langsung deh fotoin pup nya kanaka dan lapor ke dsa nya kanaka tante dr @mel97819 Penanganan pertama nya sambil liat perkembangannya kanaka adalah kanaka dikasih resep Interlac ini adlh probiotic, isinya itu flora baik utk menormalkan flora di usus & zinc utk repair dinding ususnya, zinc nya harus pemakaian minimal 10hari ya spy dindingnya kokoh lagi jd diharapkan mencegah kuman masuk lg dikemudian hari (fotonya ada tinggal di slide ya) dan proses selanjutnya krn ada lendir di pup kanaka sebaiknya test lab feses Langsung deh dr @mel97819 nyaranin buat test lab feses lengkap & rotavirus (o iya ini aku sempet beberapa kali ulang ambil sample pup nya, jd pup nya harus lgsg diambil dari pantat si anak kita gak boleh dari pempers yg bs ada serat atau tercampur air pipis, hasilnya bs gak maksimal) jd pas kanaka mulai ngeden2 lgsg heboh deh ayah ama bunda nya subuh2 sobekin pempers nungguin dia pup dan berhasilllll!!!! Taraaaaaa dpt sample nya lgsg kita kirim ke @prodia_lab terdekat krn pemeriksaan sample feses gak boleh lbh dari 1jam setelah pengambilan sample Dan setelah hasilnya keluar ternyata ada jamur di feses Kanaka... langsung deh dr @mel97819 Resepin mycostatin ini obat utk anti jamur nya Alhamdulillahhhhh setelah jalanin semuanya kanaka berangsur2 membaik... intensitas pup kanaka pun max cm 4x dan gak sampe dehidrasi krn aku rajinin asi & air putih jg sempet aku kasih pedialite jg buat penganti cairannya cm agak susah yaaaa masukin nya kanaka lbh seneng nenen or air putih nya Semoga share nya bermanfaat ya krn ternyata banyak yg di waktu yg sama ngalamin Diare jg Thank u informasi nya ya dokter @mel97819 aku banyak copy paste dari dokter soal fungsi2 obat nya 😬

A post shared by Tya Ariestya (@tya_ariestya) on

"Langsung deh fotoin pup nya kanaka dan lapor ke dsa nya kanaka tante dr @mel97819 Penanganan pertama nya sambil liat perkembangannya kanaka adalah kanaka dikasih resep Interlac ini adlh probiotic, isinya itu flora baik utk menormalkan flora di usus & zinc utk repair dinding ususnya, zinc nya harus pemakaian minimal 10hari ya spy dindingnya kokoh lagi jd diharapkan mencegah kuman masuk lg di kemudian hari dan proses selanjutnya krn ada lendir di pup kanaka sebaiknya test lab feses," tulis Tya.

Untuk mengetahui pemicu diare Kanaka, sang dokter menyarankan agar kotorannya diperiksa di laboraturium. Mau tak mau Tya dan suaminya menunggu si kecil untuk buang air besar. Ia harus siaga karena sample kotoran harus diambil langsung tak boleh mengenai popok dan serat kain.

"Pup nya harus lgsg diambil dari pantat si anak kita gak boleh dari pempers yg bs ada serat atau tercampur air pipis, hasilnya bs gak maksimal. Jadi pas kanaka mulai ngeden2 lgsg heboh deh ayah ama bunda nya subuh2 nungguin dia pup dan berhasilllll!!!! Taraaaaaa dpt sample nya lgsg kita kirim kelab terdekat krn pemeriksaan sample feses gak boleh lbh dari 1jam setelah pengambilan sample. Dan setelah hasilnya keluar ternyata ada jamur di feses Kanaka," ungkap Tya.

Ia pun berbagi informasi untuk para ibu yang menghadapi anak-anak diare. Yaitu harus diberikan ASI dan air putih terus menerus, jangan sampai mengalami dehidrasi.

 

Sumber: Instagram

 

Muhasabah bersama Ustaz Erick Yusuf

Jangan Lewatkan