Puasa Saat Menyusui, Jangan Sampai Ibu Dehidrasi

Harus lebih ekstra dalam memenuhi asupan nutrisi dan cairan saat berpuasa.

Mutia Nugraheni
| 11 Mei 2020 14:03

Dream - Menjalani ibadah puasa, hanya bisa dilakuka satu kali dalam satu tahun. Sebagai umat muslim, kita tentunya tak mau ketinggalan untuk melakukan kewajiban dan mengejar pahala dari Allah SWT.

Bagi ibu menyusui, momen Ramadhan seperti sekarang kerap membuat galau. Pasalnya, si kecil masih butuh asupan air susu ibu (ASI), dan kita harus menjalani puasa. Sebenarnya, ibu menyusui dipermudah dalam menjalankan ibadah.

Boleh tidak berpuasa jika khawatir kondisi kesehatan anak dan dirinya sendiri akan bermasalah. Nantinya puasa akan diganti puasa di hari lain, yang terpenting niatnya hanya karena Allah SWT.

Ada juga ibu yang merasa tubuhnya fit dan bisa menjalankan puasa sambil menyusui. Hal ini juga diperbolehkan, tapi pastikan kebutuhan cairan dan nutrisi ibu terpenuhi.

Dikutip dari KlikDokter.com, berbagai penelitian menunjukkan bahwa puasa dalam jangka waktu tertentu tidak akan mengurangi produksi ASI.

Tubuh ibu tetap dapat menghasilkan ASI dalam jumlah yang sama meski dirinya sedang berpuasa. Kandungan gizi di dalam ASI mungkin akan sedikit berubah, tetapi tidak terlalu signifikan.

 

Selanjutnya :

ASI Tetap Bergizi

Cerita dan Music Bersama Ify Alyssa | Online Dream Camp 2020

Jangan Lewatkan