Proses Luar Biasa Terjadi di Tubuh Ibu Pada Awal Kehamilan

Dimulai dari konsepsi, ketika satu sel sperma mampu mengalahkan jutaan lainnya untuk membuahi sel telur yang sudah berovulasi.

Mutia Nugraheni
| 15 Agustus 2018 16:12

Dream - Bagi pasangan yang sedang merencanakan kehamilan, tanda positif di testpack tentunya jadi hal yang didambakan. Kehamilan merupakan proses yang cukup rumit dan panjang.

Sebelum Sahabat Dream tahu tengah mengandung, terjadi sebuah proses yang luar biasa di dalam tubuh. Ingin tahu seperti apa?

Dimulai dari konsepsi, ketika satu sel sperma mampu mengalahkan jutaan lainnya untuk membuahi sel telur yang sudah berovulasi.

Saat pembuahan berhasil, maka hasilnya organisme bersel tunggal yang disebut zigot. Zigot ini kemudian bergerak dari tuba fallopi untuk menuju rahim. Diperlukan waktu satu minggu untuk zigot menyelesaikan 'perjalananananya'.

Kondisi zigot juga mengalami perubahan. Dalam 24 jam hingga 36 jam pembuahan, zigot akan mulai membelah dan tumbuh dalam proses yang disebut mitosis. Satu sel akan menjadi dua sel; dua sel akan menjadi empat sel; empat sel akan menjadi delapan sel; delapan sel akan menjadi 16 sel; dan seterusnya.

Pada tanda delapan sel, sel yang bertambah banyak akan mulai berdiferensiasi. Ini berarti masing-masing akan mengambil karakteristik tertentu yang akan menentukan jenis sel yang akhirnya akan menjadi — sel kulit, misalnya, atau paru-paru atau sel ginjal.

Selanjutnya :

Sel Menjadi Dua Lapisan

Super Junior & TVXQ Tiba di Bali, Siap Berangkat ke Jogja

Jangan Lewatkan