Prosedur USG NT Bisa Deteksi Kelainan Janin Lebih Awal

Pemeriksaan hanya bisa dilakukan ketika usia janin 11 minggu hingga 14 minggu.

Mutia Nugraheni
| 7 Februari 2018 15:52

Dream - Prosedur ultrasonografi (USG) jadi salah satu pemeriksaan wajib pada ibu hamil. Tentunya untuk mengetahui kondisi kesehatan janin dalam kandungan. Berat, panjang, detak jantung, serta kondisi organ vital janin bisa diketahui secara jelas melalui USG.

Jenis USG yang lazim dilakukan adalah USG 3D atau 4D. Ibu berbaring di ranjang dan dokter menempelkan alat di perut yang sudah diberi gel, kemudian kondisi janin akan terlihat dalam
layar.

Selain itu sebenarnya ada jenis USG lain yang juga penting dilakukan. Prosedur USG ini hanya bisa dilakukan usia kandungan 11 minggu hingga 14 minggu atau saat janin
seukuran 45 mm hingga 84 mm.

Prosedur tersebut yaitu USG Nuchal Translucency (NT). Pemeriksaan ini, seperti dikutip dari Hamil.in, dilakukan untuk melihat tumpukan cairan di belakang leher bayi. Jika jumlah cairannya berlebih, patut dicurigai adanya masalah pada janin.

Masalah tersebut seperti down syndrome, Trisomi 18 atau kelainan jantung janin. Untuk prosedur USG NT bisa dilakukan oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi. Tapi pastikan alat yang digunakan mendukung.

Pemeriksaan juga baru bisa dilakukan ketika usia janin 11 minggu karena sebelum itu ukuran janin masih terlalu kecil. Jika usia janin melewati 14 minggu maka cairan nuchal sudah diserap oleh sistem limfatik bayi.

Tingkat keakuratan pemeriksaan USG ini mencapai 77 persen. Untuk mendapat level keakuratan lebih maksimal, biasanya dokter juga akan merekomendasikan pemeriksaan darah.

Jika Sahabat Dream saat ini sedang mengandung dan ingin melakukan prosedur tersebut, segera bicarakan dengan dokter.

BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa

Jangan Lewatkan