Produk Perawatan Kulit yang Sebaiknya Dihindari Saat Hamil

Cari produk yang aman bagi ibu hamil.

Cynthia Amanda Male
| 28 Maret 2019 14:08

Dream - Perubahan besar terjadi pada tubuh selama kehamilan. Hal yang paling kentara adalah kondisi kulit. Ada beberapa ibu yang jadi berjerawat atau sebaliknya, kulit jadi lebih bercahaya karena perubahan hormon.

Mungkin Sahabat Dream juga mengalaminya. Untuk menjaga kondisi kulit selalu sehat memang harus dilakukan perawatan rutin. Namun saat hamil ada beberapa perawatan dan produk yang sebaiknya dihindari demi kesehatan janin.

" Kondisi kulit ibu hamil berbeda-beda. Ada yang kulitnya lebih kering, sensitif, iritasi atau gampang gatal. Jadi pertama-tama, hindari produk yang membuat kulit kering," ujar Anesia Tania, seorang dokter kulit dan kecantikan saat ditemui beberapa waktu lalu di Jakarta.

Hindari produk yang sangat wangi karena kandungan parfum di dalamnya akan dengan mudah memicu kering. Tak hanya itu juga bisa menyebabkan iritasi parah. Jangan gunakan dulu produk yang mengandung asam salisilat.

" Asam salisilat tidak boleh dipakai buat ibu hamil. Kalau krim dokter, hanya produk tertentu yang bisa dipakai," ungkap Anesia.

Jika selama ini menggunakan krim perawatan dari dokter, pastikan kembali berkonsultasi saat hamil. Katakan pada dokter kalau tengah hamil. Nantinya akan diberikan produk yang aman. Beberapa produk perawatan kulit memang sebaiknya tak digunakan ibu hamil.

" Krim malam dan yang mengandung asam retinoat, tretinoin atau hidroquinon tidak boleh dipakai ketika hamil," kata Anesia.

Merawat Warisan [TEASER]

Jangan Lewatkan