Posisi Melahirkan Bukan Hanya Berbaring, Sudah Tahu?

Ada posisi lainnya yang bisa dilakukan ibu untuk membuat persalinan jadi lebih efektif.

Mutia Nugraheni
| 5 April 2018 18:03

Dream - Menjalani proses persalinan, langsung terbayang ibu yang berbaring di tempat tidur lalu menunggu hingga bukaan lengkap. Setelah itu dalam posisi yang sama mendorong agar bayi ke luar.

Posisi berbaring sebenarnya bukan hal yang harus dilakukan saat menjalani persalinan. Ada posisi lainnya yang bisa dilakukan ibu untuk membuat persalinan jadi lebih efektif dan mengurangi rasa nyeri kontraksi.

Colleen Donovan-Batson, bidan berpengalaman dari Women's Way Healthcare mengungkap kalau beberapa penelitian justru menemukan, ibu yang aktif berjalan kaki saat tahap awal persalinan atau ketika kontraksi bermunculan bisa mengurangi risiko operasi caesar.

" Saat kontraksi muncul disarankan untuk berjalan kaki di sekitar rumah dengan didampingi. Bisa juga mandi air hangat untuk membuat ibu lebih rileks. Hanya berbaring di tempat tidur akan membuat level rasa nyeri semakin parah," ungkap Batson, seperti dikutip dari Baby Centre.

Ketika bukaan lengkap, ibu juga bisa memilih posisi yang menurutnya paling nyaman untuk melahirkan. Tak harus berbaring di tempat tidur. Salah satu posisi yang cukup populer adalah dengan menahan kaki dengan tangan dalam posisi duduk.

" Posisi ini bisa mengurangi rasa nyeri di punggung selama persalinan. Saat kelelahan, bisa langsung menyender di tempat tidur, bisa juga menaruh tumpukan bantal di punggung agar lebih nyaman," ujar Batson.

Posisi lainnya adalah melahirkan dengan jongkok. Dengan posisi ini persalinan akan dibantu gravitasi sehingga lebih mudah, dan juga bisa membuat pelvis jadi terbuka lebar. Sehingga, bayi memiliki area yang lebih luas untuk bergerak ke luar.

Alternatif posisi melahirkan ini memang jarang diterapkan, apalagi jika melahirkan di rumah sakit. Tapi ibu sebenarnya punya pilihan dan bisa membicarakannya dengan dokter atau bidan yang menangani.

Penting diketahaui mencoba berbagai posisi bisa dilakukan jika kondisi ibu dan bayi dalam kondisi stabil. Tak ada kabel monitor atau menjalani prosedur yang mengharuskan untuk berbaring.

" Posisi berbaring memang lebih mudah bagi tenaga medis untuk memantau kondisi ibu dan bayi. Tapi jika ibu ingin mencoba posisi lain saat melahirkan, jangan segan untuk berkonsultasi," ungkap Baston.

Jokowi Resmi Lantik Pengisi Dua Kementerian Baru dan Kepala BRIN

Jangan Lewatkan