Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Posisi Bayi Sungsang Bikin Ibu Deg-degan, Bidan Jelaskan Sebabnya

Posisi Bayi Sungsang Bikin Ibu Deg-degan, Bidan Jelaskan Sebabnya Ilustrasi

Dream - Posisi bayi di rahim memang bisa berubah kapan saja. Terkadang kaki di bawah, di samping dan berputar sesukanya. Pergerakan janin ini sebenarnya merupakan pertanda baik karena ia cukup aktif.

Sayangnya, jika posisi tersebut jelang persalinan sunsang. Hamil sungsang adalah kondisi ketika kepala janin berada di rahim bagian atas, bukannya di rahim bagian bawah mendekati jalan lahir.

Lanny Kuswandi, seorang bidan senior dan praktisi hypnobirthing, menjelaskan di akun Instagramnya penyebab janin kondisinya sungsang. Simak penjelasan bdan Lanny beberapa penyebab sungsang.

Hamil Kembar
Kehamilan kembar membuat ruang gerak janin menjadi terbatas dibandingkan hamil tunggal. Hal ini membuat janin sulit untuk berputar di dalam rahim. Kondisi sungsang pula yang membuat persalinan bayi kembar lebih aman jika dilakukan melalui operasi caesar, tapi hal ini tergantung konidi ibu dan janin.

Plasenta previa
Terjadi ketika plasenta menutupi jalan rahim. Plasenta yang menutup membuat bayi kesulitan untuk masuk ke arah jalan lahir atau malah menjauhinya.

 

3 Pemicu Lainnya

Jumlah cairan ketuban
Bayi sungsang juga dipengaruhi oleh volume air ketuban, baik terlalu banyak maupun sedikit. Air ketuban yang terlalu banyak membuat bayi mudah bergerak walau tubuhnya cukup besar sehingga posisinya mudah berubah. Sebaliknya, volume air ketuban terlalu sedikit membuat bayi kesulitan untuk bergerak dan masuk ke panggul.

Terlilit tali pusat
Lilitan tali pusat pada bayi membuatnya sulit untuk bergerak. Ruang geraknya menjadi terbatas dan bayi ytdak bisa berputar di dalam rahim sehingga kepala tidak berada di bawah saat jelang persalinan.

Panggul terlalu sempit
Panggul ibu yang terlalu sempit bisa memengaruhi posisi bayi. Bayi jadi sulit untuk masuk ke panggul sehingga saat berputar akan kembali ke posisi bokong berada di bawah.

Waspada Jika Hobi Makan Ikan Asin Saat Hamil

Dream - Lauk ikan asin kerap jadi pembangkit nafsu makan ibu hamil. Terutama jika sedang malas makan, karena aromanya begitu menggoda. Apalgi jika disajikan dengan nasi hangat, sayur asam dan sambal.

Satu hal yang perlu diingat, saat hamil ternyata ibu tak boleh berlebihan makan ikan asin. Mengapa? Dikutip dari KlikDokter.com, ikan asin diketahui mengandung banyak garam dan dikhawatirkan dapat membahayakan ibu dan janin.

Melansir dari What to Expect, garam atau natrium adalah unsur kimiawi yang berfungsi mengatur kadar cairan, suhu, dan pH tubuh. Tanpa natrium yang cukup, otot, saraf, dan organ tubuh Anda tidak akan berfungsi maksimal.

Selama kehamilan, volume darah dan cairan tubuh ibu akan meningkat dari biasanya dan mengonsumsi makanan yang asin atau yang mengandung garam dapat membantu menjaga keseimbangan tubuh.

 

Bisa Memicu Bengkak

Dokter Valda Garcia mengatakan, selama ibu hamil tidak memiliki riwayat hipertensi atau alergi, maka konsumsi ikan asin selama kehamilan tergolong aman. Asalkan tidak dikonsumsi berlebihan.

“Boleh saja makan ikan asin, asal konsumsinya tidak berlebihan. Kemudian hindari konsumsi ikan asin kalo memang ada riwayat alergi. Intinya ibu harus bisa dibatasi konsumsinya,” kata dr. Valda.

Menurut Dietary Guidelines for Americans, batas konsumsi garam ibu hamil adalah 6 gram atau sekitar satu sendok teh per hari atau kurang dari 2.300 miligram (mg) natrium.

Konsumsi makanan asin yang berlebihan selama hamil dapat mengakibatkan pembengkakan di bagian wajah, tangan, tungkai, dan di pergelangan kaki atau yang disebut dengan edema. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi natrium dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Konsumsi natrium secara berlebihan menyebabkan tubuh Anda menahan terlalu banyak air. Akibatnya, tubuh harus bekerja lebih keras mengeluarkan air. Dampaknya, hal itu bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, stroke, gagal jantung, gagal ginjal, kanker perut, atau osteoporosis.

Selengkapnya baca di sini.

Muncul Bau Mulut Saat Hamil, Ternyata Ini Sebabnya

Dream - Bau mulut atau juga dikenal sebagai halitosis, didefinisikan sebagai bau tak sedap yang berasal dari mulut atau rongga berisi udara, seperti hidung, sinus, dan faring. Pada 90% kasus, bau hanya berasal dari rongga mulut dan hal ini sering terjadi pada ibu hamil.

Lalu apakah penyebab bau mulut berhubungan dengan kehamilan? Bau mulut saat hamil biasanya terjadi sebagai akibat dari perubahan hormon yang terjadi pada tubuh.

"Bau tak sedap dari mulut muncul karena senyawa sulfur yang mudah menguap (VSCs), yang utamanya adalah hidrogen sulfida dan metil merkaptan. Banyak bakteri mulut menghasilkan senyawa ini yang menyebabkan bau tak sedap," dr. Ritika Shah, dikutip dari MomJunction.

Ibu hamil bisa mengalami masalah bau mulut lebih sering, karena kondisi hormon. Peningkatan hormon kehamilan dalam tubuh dapat membuat mulut menjadi tempat berkembang biak yang ideal untuk plak.

"Peningkatan kadar estrogen dan progesteron dapat memperburuk respons gusi terhadap plak dan menyebabkan radang gusi atau gusi yang meradang. Gusi bengkak memiliki kantong di mana makanan bersarang dan menyebabkan bau tak sedap," ujar dr. Ritika.

 

Mual dan Muntah

Tak hanya itu, mual dan mutah juga bisa memicu bau mulut. Sering muntah menyebabkan terciptanya lingkungan asam di mulut dan selanjutnya terjadi demineralisasi gigi. Itu membuat gigi lebih rentan terhadap penumpukan dan pembusukan makanan, yang dapat menyebabkan bau tak sedap.

Penting bagi ibu untuk minum banyak air untuk redakan mual dan muntah. Banyak minum juga mencegah dehidrasi yang bisa sebabkan bau mulut.

"Dianjurkan untuk minum lebih banyak air selama kehamilan untuk mengkompensasi kehilangan cairan akibat muntah atau buang air kecil berlebihan. Minum lebih sedikit air dapat menyebabkan dehidrasi dan mulut kering, yang dapat menyebabkan bau tak sedap," pesan dr. Ritika.

Untuk mengurangi aroma tak sedap di mulut, pastikan juga sikat gigi secara rutin dan bersihkan sisa makanan dengan benang gigi. Berkumur rutin dengan air garam juga bisa dilakukan.

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
3 Kondisi Pada Bayi Baru Lahir yang Sering Bikin Kaget
3 Kondisi Pada Bayi Baru Lahir yang Sering Bikin Kaget

Bayi bisa mengalami hal-hal yang mungkin dianggap aneh, padahal sebenarnya cukup normal.

Baca Selengkapnya
Jangan Biarkan Anak Bergadang, Bisa Picu Masalah Telinga hingga Konsentrasi
Jangan Biarkan Anak Bergadang, Bisa Picu Masalah Telinga hingga Konsentrasi

Begadang bisa menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang pada anak. Ketahui apa saja dampak begadang lainnya.

Baca Selengkapnya
Ibu Pergi Liburan Tega Tinggalkan Bayinya 10 Hari Sendirian di Rumah, Saat Kembali Kondisi Anaknya Mengenaskan
Ibu Pergi Liburan Tega Tinggalkan Bayinya 10 Hari Sendirian di Rumah, Saat Kembali Kondisi Anaknya Mengenaskan

Balita tersebut meninggal karena kelaparan dan dehidrasi parah.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Keajaiban, Seorang Ibu Lahirkan Anak Kembar dengan Jarak 22 Hari
Keajaiban, Seorang Ibu Lahirkan Anak Kembar dengan Jarak 22 Hari

Sang ibu tidak mengalami masalah atau komplikasi apapun sampai merasakan nyeri menjelang persalinan.

Baca Selengkapnya
Bukan karena Ngidam yang Tak Dituruti, Ini Sebab Bayi Ngeces Berlebihan
Bukan karena Ngidam yang Tak Dituruti, Ini Sebab Bayi Ngeces Berlebihan

Kondisi bayi selalu ngeces sering dijumpai pada bayi usia 3-6 bulan.

Baca Selengkapnya
Sebelum Pakaikan Perhiasan untuk Bayi, Ketahui Risikonya
Sebelum Pakaikan Perhiasan untuk Bayi, Ketahui Risikonya

Jangan sampai perhiasan yang dikenakannya malah membahayakan.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Ketika Karyawan Tak Mau Tersaingi Anak Baru
NOTED KAK! Ketika Karyawan Tak Mau Tersaingi Anak Baru

Sahabat dream, bersaing secara sehat di dunia pekerjaan adalah hal lumrah. Namun kalau senior gak mau kalah sama junior?

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Tutorial Hijab Jadi Outer
DRESS IT! Tutorial Hijab Jadi Outer

Sahabat dream yang berhijab lagi bingung mau hangout tapi tidak punya outer? Nah tips satu ini boleh banget kamu coba.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Ketika Lagi Sibuk Kerja Malah Diganggu
NOTED KAK! Ketika Lagi Sibuk Kerja Malah Diganggu

Sahabat Dream, Kalian suka sebal gak diganggu rekan kerja padahal lagi sibuk-sibuknya? Kalau kalian di posisi itu mau bereaksi apa?

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Hari pertama Kerja VS 2 Bulan Kerja
NOTED KAK! Hari pertama Kerja VS 2 Bulan Kerja

Sahabat Dream ada gak yang mengalami kaya gini saat pertama kali kalian masuk kerja? Kalau ada komen dibawah yaa

Baca Selengkapnya