Pilihan Pil Kontrasepsi Praktis Selama Pandemi, Penasaran?

Ada cukup banyak pilihan alat kontrasepsi yang mudah diakses dan didapatkan kapan saja.

Mutia Nugraheni
| 29 Januari 2021 08:04

Dream - Menunda kehamilan jadi pilihan banyak pasangan dalam situasi pandemi seperti sekarang. Pertimbangan psikologis, ekonomi, fisik dan faktor eksternal memang sangat mempengaruhi perencanaan keluarga.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dalam masa pandemi menyebut terdapat penurunan penggunaan kontrasepsi dan berdampak pada lebih dari 420 ribu kehamilan tidak direncanakan. Hal ini tentu berdampak signifikan pada kondisi keluarga secara keseluruhan dan jangka panjang.

Dalam hal mencegah kehamilan, banyak yang beranggapan prosesnya rumit. Harus konsultasi dengan bidan atau dokter kandungan, padahal tak selalu demikian. Ada cukup banyak pilihan alat kontrasepsi praktis yang  mudah diakses dan didapatkan kapan saja.

" Di masa pandemi ini, di mana akses terhadap pelayanan KB di klinik terbatas, penggunaan kondom dan/atau pil KB menjadi salah satu alternatif pilihan bagi masyarakat yang ingin ber-KB namun tidak memungkinkan pergi ke tempat pelayanan KB," ujar Rony Syamson, S.farm, Brand Manager Andalan Kontrasepsi, dalam rilis yang diterima Dream 27 Januari 2021.

Untuk pemakaian kondom, mungkin ada pasangan yang tak suka atau malah mengalami alergi. Bila memang tak cocok menggunakan kondom, kontrasepsi praktis yang bisa digunakan pil atau kontrasepsi oral.

 

Selanjutnya :

Varian Pil Kontrasepsi yang Bisa Dipilih

BERANI BERUBAH: Bunga Rezeki dari Rak Bunga - Berani Berubah

Jangan Lewatkan