Pfizer Perkirakan Vaksin Covid-19 Anak Usia 5-11 Tersedia Desember 2021

Vaksin ini dinanti banyak pihak terutama para orangtua yang anaknya di bawah usia 12 tahun.

Mutia Nugraheni
| 15 September 2021 08:04

Rekomendasi Baru, 3 Vaksin Covid-19 yang Diperbolehkan untuk Ibu Hamil

Dream - Kementerian Kesehatan pada 2 Agustus 2021 baru saja mengeluarkan rekomendasi terbaru pemberian vaksin Covid-19 bagi ibu hamil. Pemberian vaksin bagi ibu hamil akan diprioritaskan di daerah berisiko tinggi.

"Perkembangan kasus Covid-19 menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan kasus ibu hamil terkonfirmasi Covid-19 di sejumlah kota besar di Indonesia dalam keadaan berat. Wanita hamil memiliki peningkatan risiko menjadi berat apabila terinfeksi Covid-19, khususnya pada wanita hamil dengan kondisi medis tertentu," tulis surat edaran tersebut yang diunggah di akun Instagram resmi Pengurus Pusat POGI (Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia).

Dalam surat Edaran Kemenkes Nomor: HK.02.01/I/2007/2021 menyatakan, hanya ada tiga merek vaksin yang dibolehkan untuk ibu hamil. Vaksin tersebut bermerek Pfizer, Moderna dan Sinovac.

Untuk waktu pemberian dosis pertama dimulai pada trimester kedua kehamilan. Lalu untuk dosis kedua dilakukan sesuai dengan interval dari jenis vaksin. Bagi ibu hamil yang pernah terpapar Covid-19 vaksinasi baru bisa diberikan 3 bulan setelah sembuh.

Sebelum mendapatkan vaksin Covid-19, ibu hamil yang memeiliki riwayat penyakit tertentu atau alergi akan menjalani skrining lebih dulu. Disarankan untuk berkonsultasi lebih dulu dengan dokter kandungan. Selengkapnya lihat di sini.

Dreamitie Online Meet Up

Jangan Lewatkan