Pertanda Mata Anak Bermasalah dan Butuh Kacamata

Jika dibiarkan terlalu lama bisa berpengaruh pada perkembangan dan kemampuan kognitifnya.

Mutia Nugraheni
| 17 Mei 2018 14:02

Dream – Masalah penglihatan bukan hanya dialami orang dewasa, tapi juga anak-anak. Penyebabnya bisa jadi banyak hal, seperti keturunan, pemakaian perangkat digital yang berlebihan, kebiasaan membaca dengan jarak dekat, dan lainnya.

Pada fase remaja atau dewasa mungkin akan lebih mudah mengetahui, karena mereka bisa mengungkap keluhan penglihatan yang dialaminya. Tapi pada anak-anak memang lebih sulit. Orangtua harus lebih peka dengan kebiasaan dan gerak-gerik anak sehari-hari.

David Wheeler, seorang dokter mata anak mengungkap, anak yang memiliki gangguan penglihatan sering salah diagnosis. Seperti gangguan perilaku atau masalah fisik lainnya. Padahal sebenarnya anak memiliki masalah dengan penglihatan.

“ Jika mereka berdiri sangat dekat dengan barang tertentu untuk bisa melihatnya atau menyipitkan mata dalam keadaan terang, itu adalah tanda-tanda kemungkinan adanya gangguan penglihatan,” kata Dr. Wheeler.

Ia juga menjelaskan bahwa ada lima tanda yang seringkali muncul ada anak yang memiliki masalah mata. Kacamata mungkin dibutuhkan anak-anak jika mengalami kondisi berikut.

- Sering menyipitkan mata

- Sering menggosok mata

- Memiringkan kepala

- Menghindari atau menunjukkan kekesalan ketika membaca, mewarnai atau terlibat kegiatan yang membutuhkan fokus dekat

- Mata juling

Beberapa anak yang mengalami masalah penglihatan dapat diatasi hanya dengan memakai kacamata yang sesuai. Untuk itu segera periksakan mata si kecil pada dokter mata anak agar masalah penglihatan yang dihadapinya bisa segera teratasi. Jika dibiarkan terlalu lama bisa berpengaruh pada perkembangan dan kemampuan kognitifnya.

Sumber: Fatherly

Laporan Dina Nazhifah

Streaming Catat! Ini Cara Menyimpan Uang Rp75 Ribu Agar Tak Mudah Rusak

Jangan Lewatkan