Pertanda Buah Hati Memiliki Kecenderungan Kidal

Sebelum anak menginjak usia 1 tahun, mereka mampu menggunakan kedua tangannya.

Mutia
| 12 Januari 2018 15:57

Dream - Kecenderungan anak untuk memakai tangan bisa berbeda-beda. Banyak orang bisa memakai tangan kanannya sejak kecil. Namun tidak menutup kemungkinan kalau ada yang memakai tangan kiri.

Sebanyak 10 persen populasi di dunia beraktivitas menggunakan tangan kiri atau left handed. Beberapa orang lainnya bahkan mampu menggunakan kedua tangannya. Hal ini menunjukan
bahwa kidal bukan merupakan hal yang buruk.

Sebelum anak menginjak usia 1 tahun, mereka mampu menggunakan kedua tangannya. Ia akan mulai memilih tangan dominan pada sekitar usia 2 atau 3 tahun. Beberapa peneliti
mengatakan ada keterlibatan faktor genetik dalam menentukan tangan dominan.

Anak laki-laki cenderung dua kali lebih banyak memiliki kecenderungan kidal dibanding perempuan. Untuk mendeteksi kecenderungan tangan si kecil, perhatikan dengan saksama ketika ia
sedang beraktivitas. Mulai dari mengambil mainan, mencorat-coret hingga makan. Kidal juga dapat terdeteksi dari cara ia mengaduk.

Lakukan permainan masak-memasak dan berikan ia sesuatu untuk diaduk. Apabila si kecil mengaduk dengan arah berlawanan dengan jarum jam, itu artinya ia cenderung kidal.

Perhatikan juga dari caranya meraih bola yang sedang bergelincir ke arahnya. Ia akan meraih dengan tangan dominannya.

Banyak orangtua yang sengaja melatih anak kidal agar dapat menggunakan tangan kanan. Padahal cara tersebut hanya akan membuatnya frustasi dan kehilangan rasa percaya diri.

Pasalnya, tangan dominan memang sudah memiliki sistem kerja saraf yang sedemikian rupa. Ada baiknya untuk tidak 'mengutak-atik' sistem tersebut.

Jika si kecil termasuk ke dalam kelompok 10 persen itu, jangan khawatir. Menjadi kidal tidak sepenuhnya buruk. Anak tetap dapat beraktivitas seperti pada umumnya. Bahkan, beberapa
orang kidal sangat unggul di bidang olahraga.

Jangan segan untuk membawa anak melakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter tumbuh kembang demi mengetahui kecenderungan penggunaan tangan dominannya.

Laporan Annisa Mutiara

Sumber: Momtastic

9 Racun Berbahaya yang Berasal Dari Dapur

Jangan Lewatkan