Persiapan Penting Saat Rencanakan Kehamilan di Usia 30

Perempuan paling subur di usia 20-an, tetapi tren saat ini yang kita lihat menunjukkan lebih banyak yang menunggu sampai usia 30-an.

Mutia Nugraheni
| 29 Juli 2018 17:34

Dream - Kehamilan bisa terjadi karena banyak faktor dan umur ibu selalu jadi pertimbangan penting saat merencanakan kehamilan. Untuk mereka yang menikah di usia 20an, kehamilan mungkin bisa terjadi lebih mudah jika tak memiliki isu fertilitas.

Untuk para perempuan yang baru menikah di usia 30an atau baru mulai merencanakan kehamilan, usaha yang dilakukan memang harus lebih keras dan intensif. Terutama pada mereka yang sudah berusia 32 tahun.

Ada sedikit penurunan dalam kesuburan seorang perempuan pada usia 32, tetapi penurunan ini meningkat lebih tajam setelah usia 37. Perempuan paling subur di usia 20-an, tetapi tren saat ini yang kita lihat menunjukkan lebih banyak yang menunggu sampai usia 30-an, untuk memiliki bayi.

Dalam merencakan kehamilan di usia 30, pemeriksaan yang dilakukan sebelum kehamilan memang sebaiknya dilakukan secara detail. Pastikan ayah dan ibu dalam kondisi sehat dan fit agar menghasilkan janin yang berkualitas.

Tak ada salahnya berkonsultasi terlebih dulu untuk melakukan pemeriksaan. Terutama jika usia ibu sudah memasuki 35 tahun. Faktanya, sekitar sepertiga perempuan di atas 35 mencari bantuan spesialis kesuburan untuk bisa hamil dan jumlah itu meningkat seiring bertambahnya usia.

Setelah kondisi kesehatan dan kesuburan diketahui, mulailah untuk menerapkan gaya hidup lebih sehat. Konsumsi lebih banyak makanan kaya lemak sehat seperti ikan laut, telur, alpukat, dan kacang-kacangan. Olahraga teratur juga penting baik untuk calon ataupun ayah.

Hentikan kebiasaan merokok sejak merencanakan kehamilan. Hal ini untuk meminimalisir risiko zat racun yang bisa menghambat kehamilan atau memicu cacat janin. Penting bagi ibu untuk menjaga vitalitas tubuh.

Jika kehamilan terjadi, kondisinya akan sangat jauh berbeda saat hamil di usia 20an. Kekuatan tubuh tak seperti ketika usia 20an, jadi penting untuk berolahraga lebih teratur demi melatih tubuh.

Saat hamil di usia 30, pemeriksaan juga sebaiknya dilakukan lebih intensif. Berkonsultasilah dengan dokter secara detail agar kehamilan berjalan baik. Hal ini demi kesehatan dan keselamatan ibu serta bayi saat kehamilan hingga persalinan.

Sumber: Verywell

(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary

Jangan Lewatkan