Persiapan Penting Menghadapi Operasi Caesar

Dengan merencanakan prosedur operasi caesar sebenarnya lebih menenangkan bagi ibu.

Mutia Nugraheni
| 26 Februari 2018 10:02

Dream - Operasi caesar pada beberapa kasus kehamilan memang direncakan dengan matang. Penyebabnya bisa banyak hal, misalnya kondisi tekanan darah ibu yang tinggi atau sebab medis lain. Biasanya tanggal dan waktu operasi akan ditentukan jauh hari.

Dengan merencanakan prosedur operasi caesar sebenarnya lebih menenangkan bagi ibu, karena segala sesuatunya dipersiapkan dengan matang. Dokter juga pasti akan menjelaskan secara detail terkait prosedur operasi, apalagi jika persalinan tersebut merupakan anak pertama di mana ibu belum pernah menjalaninya.

Untuk menghadapi persalinan caesar, ada persiapan penting yang sebaiknya dilakukan para ibu. Apa saja?

- Jaga kondisi tubuh
Penting untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit. Olahraga sebisa mungkin, bisa sekedar jalan kaki atau berenang. Kondisi tubuh fit, akan membuat proses pemulihan jadi lebih cepat.

- Bicarakan dengan dokter
Tiap kondisi tubuh pasti berbeda-beda, untuk itu pastikan membicarakan dengan dokter sedetail mungkin terkait keluhan yang dialami. Terutama jika ibu menjalani kehamilan berisiko tinggi. Mintalah informasi sedetail mungkin, agar ibu merasa tenang. Jika memang ada persiapan khusus dari dokter yang harus dijalani, lakukan dengan baik.

- Bawa selimut tebal
Selimut tebal ini sangat penting, karena setelah operasi, ibu seringkali merasa menggigil kedinginan. Obat anastesti, suhu dingin ruang operasi, sementara ibu hanya mengenakan baju operasi akan memicu rasa mengigil yang hebat. Untuk itu lebih baik bawa selimut tebal ekstra. Selimut bisa digunakan setelah berada di kamar perawatan.

- Lakukan hal yang bisa mengurangi rasa panik
Level rasa panik biasanya akan sangat tinggi saat sudah berada di dalam ruang operasi. Menatap lampu yang begitu besar, dengan suara peralatan dokter. Beberapa RS memperbolehkan pasien memilih lagu untuk diputar selama operasi.

Jangan segan untuk menanyakannya. Cara ini cukup efektif untuk membuat pasien jadi lebih rileks saat operasi.

BERANI BERUBAH: Bunga Rezeki dari Rak Bunga - Berani Berubah

Jangan Lewatkan