Persalinan Caesar Ternyata Sangat Berdampak Pada Imunitas Bayi

Simak fakta soal operasi caesar yang tak banyak diketahui .

Mutia Nugraheni
| 28 Agustus 2020 10:07

Dream – Keputusan untuk menjalani persalinan secara caesar tentunya diambil dengan banyak pertimbangan, terutama demi kesehatan ibu dan janin. Mungkin banyak orangtua yang belum tahu kalau operasi caesar sangat berdampak pada level imunitas anak di kemudian hari.

Hal ini dijelaskan oleh dr. Ali Sungkar, SpOG(K), konsultan fetomaternal dalam webinar “ Optimalkan Imunitas Anak Kelahiran Caesar dengan Mikrobiota Sehat” yang diselenggarakan oleh Nutriclub, Kamis 27 Agustus 2020. Menurut dr. Ali, bayi yang lahir secara normal mendapat paparan bakteri atau mikrobiota dari ibunya dengan jumlah yang sangat banyak dan sangat diperlukan bayi untuk imunitasnya.

" Kalau kita perhatikan bayi yang lahir normal atau pervaginam dibanding yang lahir caesar, ada peningkatan mikrobiota dan perbedaanya siginifikan," kata dr. Ali.

Jumlah mikrobiota pada bayi yang lahir pervaginam lebih banyak dibandingkan dengan bayi yang dilahirkan melalui operasi caesar.

Mengapa demikian? Bayi yang lahir caesar tak melalui jalan lahir ibu, di mana  terdapat banyak sekali mikrobiota. Hal ini berdampak level mikrobiota bayi yang lahir caesar cukup rendah.

 

Selanjutnya :

Pentingnya Mikrobiota

BERANI BERUBAH: Bunga Rezeki dari Rak Bunga - Berani Berubah

Jangan Lewatkan