Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Permainan Mencari Fosil, Bisa Bikin Sendiri di Rumah

Permainan Mencari Fosil, Bisa Bikin Sendiri di Rumah Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Belajar di kelas bersama guru dan teman-teman saat ini memang tak bisa dilakukan. Bukan berarti si kecil tak bisa menyerap banyak ilmu. Dari hal di sekeliling, terutama barang yang ada di rumah, anak malah bisa berkreasi dan membuat mainan sendri.

Tentunya harus didampingi orangtua. Salah satu permainan yang juga membuat anak belajar soal sejarah dan sains adalah 'mencari fosil'. Konsepnya adalah membuat mainan kecil, bisa berupa koin, dinosaurus plastik berukuran mungil, yang dibungkus adonan dan disembunyikan.

Anak bisa belajar soal zaman prasejarah, minyak bumi yang terbuat dari fosil serta matematika, karena harus mengikuti ukuran tertentu. Bagaimana caranya? Siapkan bahan berikut dan ikuti petunjuknya.

Bahan:
- 1,5 cangkir tepung
- 1 cangkir bubuk kopi bekas
- 1/2 gelas garam
- 1/4 gelas pasir
- 1 gelas air
- Berbagai benda kecil (artefak) yang bisa disembunyikan (koin, figur plastik kecil, mainan, dll.)
- Pewarna makanan (opsional)
- Glitter (opsional)

 

Sembunyikan dan Buka 'Harta Karun'

Petunjuk
- Campur tepung, bubuk kopi, garam, pasir, dan air. Bentuk campuran menjadi bola bulat dan pipih; jika diinginkan, hiasi bola dengan pewarna makanan atau glitter
- Tekan "artefak" dengan kuat ke dalam setiap bola lalu lepaskan dengan hati-hati 
- Tempatkan bola di atas loyang yang dilapisi kertas lilin dan panggang selama 20 menit pada suhu 66 derajat celcius
- Saat dipanaskan, bola akan menyusut sedikit. Setelah bola mendingin dan mengeras, fosilnya pun sudah jadi.

Mainan fosil

(Foto: Bubble Wall)

Cara mainnya adalah sembunyikan fosil tersebut di beberapa sudut rumah. Biarkan anak mencarinya dan beri petunjuk sedikit saja. Setelah menemukan, biarkan anak membukannya menggunakan palu kecil. Pasti si kecil akan kegirangan.

Sumber: Discovery

Coba Trik Agar Anak Main Sendiri Saat Orangtua Sibuk Kerja di Rumah

Dream- Balita cenderung menempel pada ibu atau orang yang dekat dengannya. Tentu saja hal ini menyita banyak waktu. Rasanya tidak tega saat anak memegangi tangan kita atau bergelayut di kaki ketika kita akan bekerja. 

Apalagi saat ini sedang diterapkan kebijakan bekerja dari rumah. Tentunya bagi ayah dan ibu yang bekerja hal ini akan sangat sulit, terutama jika pengasuh tak bisa terus mengawasi.

Penting untuk melatih si kecil lebih mandiri. Terutama di masa-masa seperti sekarang. Buatlah anak sibuk sendiri dengan permainannya.

Lama-kelamaan, ia akan menikmati momen bermain sendiri. Bagaimana caranya? Berikut adalah trik-trik yang bisa dilakukan.

1. Mulai Secara Bertahap

Pamit kepada anak ketika kita akan meninggalkan mereka selama beberapa menit (katakanlah, untuk mencuci piring), tetapi jangan pergi terlalu jauh, dan pastikan kita kembali ketika menyelesaikannya.

Menurut Direktur Kesehatan Mental Bayi di Rumah Sakit Anak Toronto, Kanada, yakni Chaya Kulkarni, seiring berjalannya waktu, cara itu akan membiasakan untuk bermain tanpa ditemani orangtuanya.

Jangan pernah sekalipun orangtua menyelinap pergi Ketika anak tidak melihatnya atau tanpa pamit, karena hanya akan membuat mereka khawatir dan hanya meningkatkan permintaan anak akan perhatian orangtuanya.

2. Buat Anak Antusias dengan Mainannya

Menurut para psikolog anak, semakin banyak mainan yang dilihatnya, akan membuatnya semakin sulit untuk fokus dan bermain sendiri. Akibatnya, ia akan meminta perhatian orangtua untuk memilihkan mainan dan bermain bersamanya.

Maka dari itulah, coba batasi mainan balita hingga tidak terlalu banyak jumlahnya. Tidak harus membuang mainannya, sembunyikan saja sampai ia bosan dengan mainan yang ada. Dengan begitu ia tidak akan mudah merasa bosan, dan sangat antusias ketika kita berikan mainan lainnya. Dengan begitu anak dapat fokus bermain dengan mainan ‘baru’ yang kita berikan.

3. Berikan Contoh Pada Anak

“Untuk mendorong anak-anak menjadi mandiri dan bermain sendiri, orangtua perlu mencontohkan perilaku itu untuk mereka,” kata Jane Hewes, profesor program Pembelajaran Awal dan Perawatan Anak di Mac Ewan University di Edmonton, Kanda.

Orangtua disarankan sering membaca buku di samping anak mereka. "Ada manfaat besar jika melakukan kegiatan serupa di samping mereka," kata Hewes. "Mereka menyaksikan apa yang orangtuanya lakukan dan meniru perilaku mereka. Mereka ingin seperti kamu,” tambahnya.

 

4. Libatkan Mereka

Selalu libatkan anak dalam aktivitas yang kita lakukan. Ajaklah mereka untuk membantu kita mencuci piring, melipat cucian, menyapu daun atau membersihkan meja makan. Mereka terhibur saat anak merasa dapat menyelesaikan tugas orangtuanya. (mut)

 

 

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Bikin Biskuit Keju dengan 4 Bahan untuk Camilan Gurih Si Kecil
Bikin Biskuit Keju dengan 4 Bahan untuk Camilan Gurih Si Kecil

Bikin camilan anak yang lezat dan mirip dengan rasa jajanan di supermarket tidak membutuhkan banyak bahan. Kamu bisa membuat biskuit gurih hanya dengan 4 bahan.

Baca Selengkapnya
15 Buah Terbaik untuk Kesehatan dan Porsi Terbaik Mengkonsumsinya
15 Buah Terbaik untuk Kesehatan dan Porsi Terbaik Mengkonsumsinya

Beberapa buah terkenal karena kandungan vitamin, serat, mineral dan senyawa pelindungnya yang jauh lebih tinggi. Yuk, simak 15 buah yang paling menyehatkan!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bikin Selai Kacang dengan 4 Bahan, Kaya Protein dan Cocok untuk MPASI
Bikin Selai Kacang dengan 4 Bahan, Kaya Protein dan Cocok untuk MPASI

Tak perlu beli, selai kacang bisa dibuat sendiri hanya dengan 4 bahan. Kamu juga bisa membuatnya lebih sehat dengan memilih bahan yang tepat.

Baca Selengkapnya
Sulap Mie Instan Jadi Nugget Lezat, Intip Resep Gampangnya
Sulap Mie Instan Jadi Nugget Lezat, Intip Resep Gampangnya

Sahabat Drean ingin menambahkan variasi rasa? Bisa mencoba menambahkan berbagai macam sayuran ke dalam adonan. Semua tergantung pada selera. Yuk coba buat.

Baca Selengkapnya
Bikin Bumbu Mie Goreng Gurih Rumahan dari Kulit Ayam
Bikin Bumbu Mie Goreng Gurih Rumahan dari Kulit Ayam

Bumbu mie goreng bisa dibuat sendiri di rumah dengan kulit ayam. Cari tahu proses membuatnya agar bisa membuat stok bumbu mie goreng yang gurih dan lezat.

Baca Selengkapnya
Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!
Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!

Ada beberapa tips yang dapat membantu mengatasi permasalahan kulit kendur. Yuk, simak cara mengencangkan kulit secara alami menggunakan 3 bahan rahasia ini!

Baca Selengkapnya
Resep Sajian Lebaran Biji Ketapang, Bikin Susah Berhenti Ngunyah
Resep Sajian Lebaran Biji Ketapang, Bikin Susah Berhenti Ngunyah

Proses pembuatannya pun tidaklah sulit. Yang kamu butuhkan hanyalah tekad dan sedikit keterampilan dalam menggoreng.

Baca Selengkapnya
5 Cara Bikin Lengan Kencang Bebas Gelambir dari Ahli Kebugaran
5 Cara Bikin Lengan Kencang Bebas Gelambir dari Ahli Kebugaran

Jangan biarkan lengan bergelambir dan membuatmu kurang percaya diri. Hempas lemak di lengan dengan 5 saran dari ahli.

Baca Selengkapnya