Perkasa! Ibu Ini Melahirkan di Taman, Hutan dan Ruang Tamu

Keenam anaknya tak ada yang dilahirkan di rumah sakit.

Mutia Nugraheni
| 26 Juli 2018 18:05

Dream - Proses persalinan anak keenam Sarah Schmid ditonton lebih dari 1,4 juta kali di YouTube. Schmid memang melakukan proses persalinan yang tak biasa. Ia penganut " Free Birthing" .

Yaitu mengutamakan persalinan sealami mungkin di mana saja tergantung keinginan dan kondisi ibu, tanpa bantuan medis apapun. Schmid bahkan memotong sendiri tali pusat anak-anaknya lalu kemudian ia bersihkan sendiri.

Perempuan asal Halle Jerman ini memiliki 6 anak. Mereka adalah Johanna (11), Jonathon (10), Emanuel (8), Elisabeth (6), Konstantin (3) dan Kiran (2). Seluruh anaknya tidak dilahirkan di rumah sakit, tapi di rumah.

" Aku sempat belajar kedokteran untuk menjadi dokter meskipun kini akhirnya menjadi ibu rumah tangga. Aku melihat banyak orang melahirkan dan berpikir 'aku tak bisa melakukan ini, ini tidak menenangkan," ungkap Schmid.

Pada 2006, Schmid melahirkan anak pertamanya Johanna, di rumah dengan didampingi seorang bidan. Lalu saat melahirkan anak keduanya, Jonathon, Schmid memutuskan untuk melakukannya segalanya sendiri.

" Aku tak suka didampingi bidan, prosesnya jadi sangat panjang dan menyakitkan, saat itu proses persalinan mencapai 15 jam," kata Schmid.

Selanjutnya :

Melahirkan Sendirian di Hutan

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie

Jangan Lewatkan