Perhatikan Ubun-ubun Bayi, Kenali Tandanya Jika Tak Normal

Bisa jadi tanda penyakit serius.

Mutia Nugraheni
| 10 April 2021 10:28

Dream - Bayi baru lahir memiliki kondisi kepala yang lunak. Terutama bagian ubun- ubun atau fontanel, yang terhubung dengan banyak saraf. Fontanel sebenarnya merupakan tulang tengkorak yang belum menyatu dengan kuat.

Dikutip dari KlikDokter, seiring berjalannya waktu, fontanel akan menutup rapat dan mengeras. Bagian belakangnya akan menutup saat anak berusia 2 bulan ke atas. Sementara bagian atasnya akan menutup dan mengeras pada usia 7-18 bulan.

Beberapa orangtua mungkin enggan menyentuh bagian ubun-ubun karena terlalu ringkih. Perubahan pada fontanel dapat memberikan petunjuk mengenai perkembangan dan kesehatan bayi Anda. Inilah sebabnya dokter anak selalu memeriksa kepala bayi dalam pemeriksaan rutin.

Ternyata ada perubahan ubun-ubun bayi yang mesti diperhatikan oleh orangtua. Bila terjadi masalah ini pada ubun-ubun bayi, segera konsultasi dengan dokter.

1. Tenggelam atau Cekung
Tanda ubun-ubun bayi tidak normal yang pertama adalah saat disentuh, bagian tersebut akan terasa cekung atau masuk ke dalam. Banyak orangtua khawatir dengan kondisi fontanel yang tenggelam. Hal ini menunjukkan bahwa bayi sedang dehidrasi.

Selain fontanel yang cekung, dehidrasi parah pada bayi dapat dilihat pada popoknya yang tidak basah atau sedikit serta kurang responsif. Dehidrasi bisa disebabkan oleh diare, muntah, atau kurangnya asupan ASI.

 

Selanjutnya :

2. Menonjol atau Bengkak

Jokowi Resmi Lantik Pengisi Dua Kementerian Baru dan Kepala BRIN

Jangan Lewatkan