Perhatikan Hal Ini Saat Memilih Susu Formula

Sebelum memberikan susu formula pada bayi, diwajibkan berkonsultasi dahulu dengan dokter.

Mutia Nugraheni
| 18 Oktober 2018 16:12

Dream - Banyak para ibu yang mengandalkan susu formula untuk memenuhi nutrisi bayinya. Pada beberapa kasus, ibu memiliki kesulitan menyusui atau bahkan tak bisa menyusui sama sekali.

Susu formula pun jadi pilihan utama. Penting diketahui, sebelum memberikan susu formula pada bayi, diwajibkan berkonsultasi dahulu dengan dokter. Hal ini untuk mengetahui kondisi si kecil dan rekomendasi dokter secara medis.

Setelah mendapat rekomendasi dokter, perhatikan betul kebutuhan si kecil. Dalam memilih susu formula, kebutuhan tersebut yang akan jadi acuannya. Misalnya, pada bayi yang memiliki alergi laktosa, cari susu formula yang lactose-free Formula.

Sementara pada anak mengalami yang alergi susu sapi, bisa saja direkomendasikan susu kedelai. Reaksi alergi ini biasanya baru diketahui setelah anak mengonsumsinya. Jadi, jangan kaget jika muncul bintik kemerahan, ruam atau mungkin diare saat anak baru mengonsumsi susu formula.

Setelah itu, perhatikan kandungannya. Bagi bayi di bawah 1 tahun, dibutuhkan kandungan lemak esensial atau sering disebut long-chain polyunsaturated fatty acids (LCPUFAs). Lemak ini sangat penting perkembangan otak dan mata.

Air susu ibu mengandung LCPUFAs (terutama DHA and AA). Pada susu formula lemak ini ditambahkan dan dibuat sedemikian rupa agar bisa terserap efektif oleh tubuh bayi.
Pastikan dalam pada produk yang dibeli, terdapat lemak dan protein tersebut.

Hal yang tak kalah penting penting adalah kandungan gula pada susu. Cari susu formula dengan kadar gula rendah. Level gula yang terlalu tinggi bisa membuat anak mengalami kegemukan di kemudian hari.

Sumber: Bellybelly

Smartfren Presents Milenial Males Jadi Miliuner Series Eps 3 - 4G: Gercep - Gila - Gubrak - Go

Jangan Lewatkan