Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Perhatikan Cara Menyusui yang Benar, Penting bagi Ibu dan Bayi

Perhatikan Cara Menyusui yang Benar, Penting bagi Ibu dan Bayi Sumber: Shutterstock

Dream - Menyusui jadi momen penting bagi ibu setelah melahirkan. Dengan menyusui, ibu dan bayi akan membangun ikatan batin.

Bayi pun mendapat nutrisi yang dibutuhkan. Bagi ibu baru, mungkin sedikit sulit untuk menyesuaikan hal ini, tapi tak perlu khawatir karena semua akan berjalan alami.

Bayi baru lahir memiliki naluri yang kuat untuk mencari payudara. Naluri ini biasa ditunjukkan bayi dengan menggerak-gerakkan bibirnya. Gerakan tersebut menandakan bayi lapar dan ingin minum.

Pemahaman sederhana tentang gerakan bayi, harus dipahami oleh seorang ibu, terutama saat hendak menyusui. Selain itu, posisi ibu dan bayi saat menyusui sama pentingnya, karena kenyamanan dapat memperlancar ASI dari ibu ke bayi.

Untuk memahami cara menyusui yang benar, berikut Dream rangkumkan cara menyusui yang benar dari posisi ibu, bayi hingga tips posisi menyusui yang benar.

Cara Menyusui yang Benar, Perhatikan Dua Hal Ini

American Academy of Pediatric (AAP) menyarankan ibu menyusui bayi secara ekslusif minimal 6 bulan, dan maksimal hingga usia 2 tahun. Kandungan nutrisi ASI memang sangat penting untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi. Tak kalah pentingnya adalah cara menyusui yang benar. Ibu bisa memahami beberapa hal ini sebelum menyusui.

Cara Menyusui Bayi


Memahami Isyarat Bayi Lapar
Memahami isyarat bayi sedang lapar sangat penting dilakukan. Isyarat yang diberikan bayi biasanya berupa gerakan menoleh ke segala arah, terlebih ke benda apapun yang menyentuh mulut dan pipinya. Apabila sudah terlalu lapar, isyarat bayi akan berubah menjadi tangisan. Setelah memahami isyarat bayi, segera susui bayi dengan cara yang benar.

Posisi Menyusui yang Tepat
Posisi menyusui sangat penting untuk menciptakan kenyamanan antara ibu dan bayi. Dengan posisi yang nyaman, bayi akan lebih banyak minum ASI dan ibu tidak merasa kewalahan. Untuk menciptakan posisi nyaman, gunakan bantal di belakang punggung dalam posisi duduk, dan bantal untuk bayi.

Cara Menyusui yang Benar

Langkah selanjutnya setelah memposisikan diri dan bayi dalam keadaan nyaman, ibu harus mengarahkan bayi untuk minum ASI. Berikut caranya:

Cara Menyusui Bayi

Merangsang Bayi untuk Minum
Salah satu cara mengarahkan posisi mulut bayi agar pas dan nyaman adalah dengan mengelus pipi yang berada di sisi dekat payudara ibu. Setelah bayi menoleh ke arah puting, posisikan puting ke mulut bayi. Apabila bayi masih kebingungan atau mengelak, oleskan sedikit ASI ke puting, supaya bayi terangsang dengan aroma ASI.

Mengarahkan Posisi Bayi
Setelah bayi bisa mendapatkan puting, pastikan bayi mengisap ASI dengan baik. Untuk mendorong ASI keluar, ibu bisa melakukan gerakan latch atau mengunci ASI dengan menggunakan jari telunjuk dan tengah. Pijat pelan payudara dengan kedua jari untuk merangsang ASI keluar dan mengarahkan posisi payudara supaya pas dengan posisi mulut bayi.

Cara Menyusui yang Benar bagi Ibu Pemula

Bagi ibu yang pertama kali, menyusui jadi aktivitas yang cukup menguras tenaga. Terlebih kalau bayi susah untuk memposisikan diri. Catatan pentingnya adalah, begitu bayi mendapatkan puting segera kunci posisi bayi. Tapi, perhatikan dua hal ini:

Ibu menyusui


Perhatikan Kedalaman
Kedalaman puting masuk ke mulut bayi, penting untuk diperhatikan. Kesalahan yang kerap dilakukan ialah membiarkan bayi hanya menghisap puting saja. Kesalahan ini lambat laun akan membuat puting menjadi sakit. Sebisa mungkin masukkan puting ke mulut bayi sampai ke jaringan hitam, dan jangan sebatas puting saja.

Posisi Bibir Bayi
Selain kedalaman puting di mulut bayi, ibu juga harus memperhatikan posisi bibir bayi. Jangan sampai bibir bayi ikut terbenam ke dalam mulut. Kondisi tersebut akan menyulitkan bayi untuk menghisap, dan membuat ibu merasa sakit di area puting. Apabila ini terjadi, tarik pelan kulit sekitar mulut bayi, untuk mengeluarkan bibir yang ikut terhisap ke mulut.

Tips Menyusui yang Benar dan Aman

Posisi Perut
Untuk menciptakan rasa nyaman bagi ibu dan bayi, posisikan perut bayi bertemu atau menghadap perut ibu. Posisi ini akan membuat bayi mudah meraih puting ibu.


Mulut Bayi
Saat mulut bayi terbuka, masukkan puting ke mulutnya. Lalu dorong pelan puting ke dalam mulut bayi, agar mulut bayi terbuka lebih lebar. Tips ini ampuh untuk mengurangi rasa sakit di puting dan bayi lebih mudah menghisap ASI.

Cara Menyusui Bayi


Perhatikan Postur dan Posisi
Postur menyusui yang baik ialah dengan posisi punggung yang lurus. Posisi ini akan membuat bayi terkunci saat menyusui. Bersandar di dinding atau memberi bantal di belakang punggung bisa jadi solusi.

Suara yang Dihasilkan Bayi
Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan saat menyusui adalah suara tegukan bayi. Suara ini jadi isyarat kalau bayi benar-benar menghisap dengan baik. Isyarat ini penting untuk mengetahui apa benar bayi mendapatkan ASI atau tidak.

Tips Posisi Menyusui yang Benar

Berikut beberapa posisi menyusui yang benar dan nyaman:

Cradle Hold
Posisi ini dilakukan sambil duduk. Punggung tegap, dan posisi perut bayi berhadapan dengan perut ibu. Posisi bayi ada di pangkuan ibu.


Football Hold
Atau bisa juga disebut dengan cluth hold, posisi di mana ibu, meletakkan bayi di samping tubuh ibu, tepatnya di bawah lengan. Posisi ini biasa digunakan ibu baru.

Cara Menyusui Bayi

Posisi Berbaring
Selain duduk, ibu juga bisa berbaring sambil menyusui. Berbaring dengan posisi 45 derajat dan menyangga tubuh dengan bantal, lalu menggendong bayi di lengan seperti pada posisi cradle hold.


Berbaring Menyamping
Untuk ibu yang sudah cukup berpengalaman, posisi ini sudah biasa dilakukan. Tidur menyamping dengan bayi yang juga berbaring di sampingnya. (mut)



Sumber: The BUMP

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Seru Banget, Intip Kelas Mengurus Bayi dan 'Menyusui' untuk Para Ayah di Indonesia

Seru Banget, Intip Kelas Mengurus Bayi dan 'Menyusui' untuk Para Ayah di Indonesia

Penting banget nih buat para ayah newbie agar bisa aktif mengurus buah hati.

Baca Selengkapnya
Cara Memilih Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Terbaru 2024

Cara Memilih Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Terbaru 2024

Simak dan ikuti cara memilih susu untuk menaikkan berat badan anak, agar gizi anak tetap seimbang dan terpenuhi.

Baca Selengkapnya
5 Strategi untuk Membantu Bayi Tidur dengan Lebih Tenang dan Berkualitas

5 Strategi untuk Membantu Bayi Tidur dengan Lebih Tenang dan Berkualitas

Perlu diketahui, bahwa setiap bayi unik dan mungkin merespon berbagai metode tidur dengan cara yang berbeda.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Ngakak Parah! Emak-Emak Mau Tampil Cetar, Lihat Bulu Mata Palsunya Malah Bikin Tepok Jidat

Ngakak Parah! Emak-Emak Mau Tampil Cetar, Lihat Bulu Mata Palsunya Malah Bikin Tepok Jidat

Bulu mata palsu harus ditempatkan dengan di posisi yang seharusnya. Jika tak terbiasa atau mengerti teknik memasang, akan jadi bahan tertawaan orang.

Baca Selengkapnya
Cara Memilih Mukena Anak, Pastikan Si Kecil Nyaman Memakainya

Cara Memilih Mukena Anak, Pastikan Si Kecil Nyaman Memakainya

Cara memilih mukena anak yang baik agar si kecil nyaman memakainya.

Baca Selengkapnya
Tampak Simple, Ternyata Membersihkan Wajah Ada Tekniknya

Tampak Simple, Ternyata Membersihkan Wajah Ada Tekniknya

Membersihkan wajah memang sederhana, namun kamu harus melakukannya dengan cara yang tepat dan sesuai kebutuhan kulit agar manfaatnya maksimal.

Baca Selengkapnya
Rekomendasi Peci Lebaran Berdasarkan Jenisnya, Saatnya Tampil Ganteng Maksimal

Rekomendasi Peci Lebaran Berdasarkan Jenisnya, Saatnya Tampil Ganteng Maksimal

Berikut adalah beberapa rekomendasi peci Lebaran berdasarkan jenisnya yang bikin tampil ganteng maksimal. Yuk ikuti!

Baca Selengkapnya
10 Fashion Wanita Gemuk Berhijab, Tips Lengkap agar Tampil Percaya Diri

10 Fashion Wanita Gemuk Berhijab, Tips Lengkap agar Tampil Percaya Diri

Berikut adalah beberapa fashion wanita gemuk berhijab dan tips lengkap agar tampil percaya diri. Yuk simak!

Baca Selengkapnya
3 Tutorial Hijab Segi Empat Menutup Dada, Praktis untuk Si Sibuk

3 Tutorial Hijab Segi Empat Menutup Dada, Praktis untuk Si Sibuk

Tak butuh waktu lama, kamu sudah bisa tampil cantik dengan hijab menutup dada. Yuk coba.

Baca Selengkapnya