Perhatian Calon Ayah, Kolesterol Tinggi Bisa Turunkan Kualitas Sperma

Selalu jaga kolesterol dalam level normal jika ingin sel sperma dalam keadaan sehat.

Mutia Nugraheni
| 15 September 2021 14:04

Dream - Kabar penting bagi para calon ayah yang sedang berusaha mendapatkan buah hati, selalu jaga level kolesterol dalam level normal. Ternyata kolesterol yang tinggi bisa menurunkan kualitas sperma secara siginifikan.

Sebuah studi tahun 2012 menunjukkan kadar kolesterol tinggi dikaitkan dengan kualitas sperma yang rendah. Sebuah penelitian juga menyebutkan tingkat kolesterol tinggi dapat memengaruhi lama atau cepatnya seorang wanita untuk hamil.

Penelitian dilakukan oleh National Institutes of Health, Amerika Serikat. Studi menemukan kolesterol tinggi berkaitan dengan tingkat kesuburan yang lebih rendah pada pria dan wanita.

Dikutip dari KlikDokter.com, menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, kolesterol tinggi memang akan menyebabkan kesuburan pada pria menurun. Untuk itu sangat penting bagi kaum pria mengatur pola makan dan menerapkan kebiasaan hidup sehat agar level kolesterol selalu terjaga.

“ Kalau untuk hubungan antara kolesterol dan kesuburan ini memang betul, terutama pada pria. Ketika asupan lemak atau akumulasi lemaknya terlalu tinggi pada seorang pria, ini akan mengganggu aktivitas yang menyediakan asupan nutrisi pada sperma," ujar dr. Iqbal.

“ Nantinya, pembentukan sperma jadi terganggu, termasuk kualitas, jumlah, dan sebagainya,” ungkapnya.

 

Selanjutnya :

Picu Masalah Kesehatan Lain

Mahkamah Agung Goes to Campus

Jangan Lewatkan