Perbedaan Penyebab Batuk Kering dan Batuk Berdahak Pada Anak

Perawatannya sangat berbeda, ketahui dulu penyebabnya.

Mutia Nugraheni
| 5 Juni 2020 12:03

Dream - Batuk pada anak dipicu oleh beberapa faktor, tetapi umumnya terbagi dalam dua kategori: batuk berdahak dan batuk kering. Kedua batuk ini ini memiliki penyebab dan perawatan yang berbeda, jadi penting untuk mengenali faktor pembeda ketika anak mengalami batuk, terutama jika tak kunjung sembuh.

Apa perbedaan batuk dahak dan kering?
Batuk basah, juga dikenal sebagai batuk produktif, menimbulkan dahak atau lendir. Cairan ini berasal dari saluran pernapasan, dan biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri seperti influenza, flu biasa, dan radang paru-paru.

Gejala lain seperti pilek, sakit tenggorokan dan kelelahan umumnya menyertai batuk basah anak atau balita. Anak mungkin juga mengalami tetesan postnasal, yang terasa seperti lendir mengalir di tenggorokan atau dada.

Sementara batuk kering, juga disebut batuk tidak produktif, tidak menghasilkan lendir atau dahak. " Batuk kering biasanya disebabkan oleh iritasi pada saluran pernapasan atas baik dari kondisi sementara (eperti iritasi lingkungan, alergi, croup, atau batuk rejan atau kondisi kronis seperti asma atau GERD," kata Hector de Leon, M.D., dokter anak untuk Kaiser Permanente di Colorado.

Karakteristiknya meliputi rasa gatal di tenggorokan dan napas berbunyi. Anak-anak juga dapat mengalami batuk kering dari sisa lendir setelah pilek atau flu, ini bisa bertahan selama berminggu-minggu.

 

Selanjutnya :

Batuk bisa bertahan selama berminggu-minggu

BERANI BERUBAH: Warga Makmur ala Lorong Sayur

Jangan Lewatkan