Perawatan Penting Luka Jahitan Setelah Operasi Caesar

Jangan sampai terjadi infeksi di luka operasi.

Mutia Nugraheni
| 16 Mei 2019 10:05

Dream - Melakukan pemeriksaan dan konsultasi dengan setelah persalinan caesar harus dilakukan. Pasalnya, persalinan dengan operasi caesar membutuhkan perawatan yang intensif dibandingkan normal.

Hal ini karena dikhawatirkan luka bekas operasi mengalami infeksi dan akan berdampak buruk pada kesehatan ibu. Jahitannya harus dirawat dengan baik. Perawatan luka jahitan caesar ini pada dasarnya tidak sebatas pada proses membersihkan luka saja. Harus juga menjaga pola makan dengan baik hingga menghindari aktivitas yang cukup berat.

Umumnya, bekas jahitan operasi caesar akan sembuh setelah enam minggu perawatan. Bekas jahitan ini sendiri biasanya memiliki panjang sekitar 10 sampia 15 cm dengan lebar 0,3 cm. Ketika kita merawat dan membersihkan luka dengan baik, ini akan mempercepat proses penyembuhan.

Seiring dengan berjalannya waktu, bekas jahitan yang sudah sembuh akan menyusut dan mengering. Bekas jahitan yang sudah sembuh juga akan terlihat sudah menyatu dengan kulit, tidak berair, tidak terasa sakit dan tidak keluar nanah maupun darah.

Selama proses penyembuhan, mungkin akan muncul rasa gatal di sekitar jahitan. Ini adalah kondisi yang normal terjadi. Meski gatal, sebaiknya jangan digaruk. Oleskan krim atau obat salep atas resep dokter.

Bisa juga mengompres bekas jahitan operasi dengan es batu yang dibungkus handuk. Hindari mengompres bekas luka dengan air hangat karena ini dikhawatirkan akan memperparah luka.

Jika luka jahitan timbul dan berwarna cokelat, bisa saja mengalami masalah keloid. Keloid merupakan kelainan penyembuhan luka yang berupa pertumbuhan berlebihan dari jaringan parut, melebihi waktu normal proses penyembuhan luka dan melebihi batas luka. Keloid umumnya berwarna merah muda sampai cokelat tua. Jika mengalami hal ini, cobalah untuk konsultasi dengan dokter ahlinya.

Laporan Mimi Rohmitriasih/ Sumber: Fimela.com

Terima Kritik Pedas, Nada Zaqiyyah: Ternyata Adik Kelas Aku Sendiri

Jangan Lewatkan