Penyebab Produksi ASI Menurun Drastis yang Sering Tak Disadari

Bisa jadi karena banyak faktor.

Mutia Nugraheni
| 5 Februari 2021 14:05

Dream – Awal proses menyusui terutama pada ibu yang pertama kali memiliki buah hati memang sangat sulit. Rasa bingung, sakit, panik dan penuh kecemasan apakah bayi cukup kenyang selalu menghantui.

Dari sekian banyak hal yang membuat ibu khawatir salah satu yang jadi penyebabnya adalah saat pasokan ASI menurun. Bagi ibu yang menyusui langsung mungkin mengira hal ini terjadi saat si kecil tetap rewel padahal sudah disusui atau berat badan si kecil tak kunjung naik.

Lalu pada ibu yang memerah ASI, biasanya hasil pompa tak sebanyak biasanya. Sebenarnya tak perlu panik saat produksi ASI menurun, karena pasokan ASI dalam tubuh ibu akan menyesuaikan dan kebutuhan bayi.

Memang ada faktor lain yang mempengaruhi jumlah produksi ASI dan hal ini sering tak disadari ibu. Ingat, tak perlu panik.

1. Obat alergi dan flu
Bahan obat alergi dan flu yang biasa sering dijual pada umumnya mengandung pseudofedrin. Zat pseudofedrin ini dapat menurunkan produksi ASI pada ibu yang baru melahirkan. Disarankan untuk ibu yang memiliki alergi musiman, setelah melahirkan coba lah memompa ASI secukupnya untuk cadangan si bayi sebelum mengkonsumsi obat alergi.

 

Selanjutnya :

Hormon Tiroid dan Pendarahan

Nasib Pramugara Dan Pramugari Yang Digrebek Istri Sah - DreamID

Jangan Lewatkan