Penyebab Para Ibu Susah Turunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Berbagai cara dilakukan, tapi berat badan tak kunjung turun.

Mutia Nugraheni
| 28 Desember 2018 18:12

Dream - Masalah berat badan kerap dikeluhkan para ibu setelah melahirkan. Bobot tubuh naik drastis dan sangat sulit untuk menurunkannya.

Berbagai cara dilakukan, tapi berat badan tak kunjung turun. Sahabat Dream juga mengalaminya setelah melahirkan? Ternyata ini penyebabnya.

1. Tidak memiliki waktu untuk diri sendiri
Ibu tidak bisa sehat jika tidak meluangkan waktu untuk diri sendiri. Banyak ibu baru merasa bersalah karena tidak mencurahkan seluruh waktu mereka untuk kebutuhan bayi, bahkan ketika 'mencuri' waktu untuk berolahraga.Padahal, sangat penting untuk memperhatikan kebutuhan ibu terlebih dahulu, terutama ketika menyangkut kesehatan.

2. Banyak alasan
Tidak perlu ke pusat kebugaran untuk berolahraga. Bawalah bayi ke luar rumah untuk berjalan-jalan. Nikmati udara segar dan sinar matahari pagi selama 20 hingga 30 menit.

Ibu juga bisa melompat-lompat di rumah dan berolahraga selama waktu anak tidur siang. Lihat beberapa video online atau aplikasi kebugaran di ponsel. Cari cara yang paling praktis dan mudah.

3. Makanan jadi 'pelampiasan'
Mengurus bayi kadang menimbulkan rasa jenuh dan lelah. Saat memiliki waktu luang, ketika si kecil tidur, ibu melampiaskan rasa jenuh tersebut melalui makanan. Pilihan makanan pun cenderung berkalori dan mengandung lemak tinggi. Hal ini kerap terjadi tengah malam dan setelahnya, ibu tertidur. Tak heran, berat badan pun semakin bertambah.

Laporan Fitri Syarifah/ Liputan6.com

Lebih Dekat dengan Tiffani Afifa, Dokter Cantik Juara Kpop World Festival

Jangan Lewatkan