Penyebab Munculnya Garis Hitam Melintang di Perut Saat Hamil

Tak perlu panik karena merupakan hal wajar dan akan hilang dengan sendirinya.

Mutia Nugraheni
| 12 Januari 2019 10:19

Dream - Kehamilan secara drastis akan membuat perubahan dalam tubuh ibu. Mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Salah satu yang kerap membuat banyak ibu hamil bertanya-tanya adalah kemunculan garis hitam di atas perut.

Biasanya garis ini muncul saat kehamilan trimester kedua dan makin jelas ketika memasuki usia 9 bulan. Garis hitam ini berada di tengah mulai dari perut hingga bawah. Tak perlu panik jika muncul garis tersebut.

Dikutip dari Ivansini.com, garis hitam pada ibu hamil kerap disebut garis kehamilan. Dalam dunia kedokteran memiliki nama linea nigra. Garis ini ternyata memang sudah ada pada perut seorang perempuan, namun penampakannya samar karena warnanya menyerupai warna kulit.

Saat hamil warnanya akan semakin jelas, gelap dan tegas. Hal ini adalah wajar dan bukan suatu pertanda bahaya. Tidak ada penyebab jelas maupun munculnya garis kehamilan, namun para dokter percaya bahwa hal tersebut muncul karena perubahan-perubahan hormon.

Ada yang menganggap bahwa hormon yang menstimulasi sel melanosit yang diciptakan oleh tali pusar adalah salah satu faktor penyebab munculnya garis tersebut. Hormon ini juga dipercaya sebagai penyebab menggelapnya kulit sekitar puting payudara di saat hamil.

Kebanyakan ibu hamil akan mulai melihat linea nigra muncul sekitar akhir dari trimester pertama, dan bagi sebagian lain muncul setelah trimester ketiga, dan bagi beberapa wanita bahkan linea nigra bisa tidak muncul sama sekali.

Penjelasan selengkapnya baca di sini.

#PhoneChallenge - Fatin Shidqia Terakhir Kali Telepon..

Jangan Lewatkan