Penyebab Masih Terasa 'Tendangan' Setelah Melahirkan atau Keguguran

"Pikiran dan tubuh bukanlah entitas yang terpisah".

Mutia Nugraheni
| 25 Februari 2021 16:03

Dream - Tendangan dan gerakan janin dalam kandungan jadi sesuatu hal yang begitu mengagumkan bagi para ibu. Rasanya seperti keajaiban yang muncul dari dalam tubuh yang hidup.

Setelah melahirkan, mungkin ibu akan sangat rindu dengan gerakan-gerakan janin dalam rahim. Beberapa ibu bahkan mengungkap kalau masih merasakan gerakan janin setelah melahirkan atau keguguran.

Menurut survei yang dilakukan oleh Monash University di Australia pada 2019 terhadap 197 ibu hamil, 40 persen partisipan melaporkan merasakan tendangan setelah melahirkan. Rata-rata, ibu merasakan apa yang mereka gambarkan sebagai 'tendangan hantu' selama 6,8 tahun pascapersalinan

Apa Penyebabnya?
Tendangan ini dapat dikaitkan dengan kesadaran yang meningkat tentang apa yang terjadi di tubuh, gas, atau kondisi fisik dalam masa pemulihan pasca melahirkan. Hanya saja ada kekurangan data seputar pengalaman tersebut sehingga para ahli tidak dapat menjelaskannya dengan kepastian 100 persen.

" Kita semua memiliki sensasi di dalam dan luar perut kita, beberapa lebih dari yang lain, biasanya terkait dengan motilitas GI dan pencernaan [gastrointestinal]," kata Marjorie Greenfield, MD, wakil ketua kebidanan dan ginekologi di Case Western Reserve University School of Medicine di Cleveland, dikutip dari Parents.

 

Selanjutnya :

Sensasi karena Emosi

Live Streaming Semangat Senin Indosiar | Vidio

Jangan Lewatkan