Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Penyebab Ibu Terobsesi Bersih-bersih Jelang Persalinan

Penyebab Ibu Terobsesi Bersih-bersih Jelang Persalinan Bersih-bersih Rumah Saat Hamil/ Foto: Shutterstock

Dream - Jelang persalinan buah hati, tentunya orangtua melakukan persiapan pada banyak hal. Mulai dari menyiapkan perlengkapan yang dibawa ke rumah sakit, juga kelenhkapan dan kebutuhan si kecil saat pulang ke rumah.

Salah satu yang sering dialami ibu jelang persalinan adalah terobsesi untuk merapikan dan bersih-bersih tiap sudut rumah. Mulai dari menyiapkan kamar untuk si kecil, membereskan lemari pakaiannya, hingga mencuci dengan tangan seluruh kelengkapannya.

Kondisi ini dalam istilah psikologis dikenal dengan sebutan nesting. Dikutip dari KlikDokter.com, nesting merupakan suatu dorongan yang dirasakan ibu hamil pada beberapa minggu sebelum fase melahirkan.

Kondisi ini membuat ibu hamil ingin membersihkan dan menata posisi barang-barang di rumah untuk menyambut kelahiran si buah hati. Menurut Gracia Ivonika, M.Psi., seorang psikolog, nesting hukup umum terjadi pada ibu hamil.

“Meski begitu, tidak semua ibu hamil akan mengalaminya. Hanya beberapa saja yang mengalami nesting saat hamil,” ujar Gracia.

Ia menjelaskan, nesting berkaitan dengan beberapa hal, seperti mempersiapkan lingkungan rumah yang aman, bersih, dan nyaman untuk kehadiran anak.

“Nesting juga sering dilakukan untuk membuat ibu merasa aman dan nyaman selama menjalani proses kehamilan,” kata Gracia.

 

Hormonal

Terkait penyebab nesting pada ibu hamil, hingga saat ini hal tersebut masih misteri. Menurut Healthline, kondisi tersebut dihubungkan dengan gejolak hormonal selama kehamilan. Selain itu, nesting juga dipercaya sebagai mekanisme koping atau cara meredakan stres dan kecemasan terhadap kehamilan.

Berdasarkan Journal Evolution and Human Behavior, nesting juga diyakini berkaitan dengan keinginan ibu hamil untuk melindungi diri dan bayi dari dampak buruk lingkungan sekitar. Secara umum, berikut ini ciri dan tanda nesting:

Sering Bersih-Bersih
Ibu hamil yang sedang nesting akan rajin untuk bersih-bersih rumah. Tak jarang, ketika melihat lantai kotor, ibu hamil akan berpikir bahwa hal tersebut membahayakan diri dan calon buah hati.

Oleh karena itu, ibu hamil akan membersihkannya semaksimal mungkin. Tingginya kesadaran dan keinginan untuk bersih-bersih juga bisa terjadi karena ibu hamil mengetahui bahwa sistem kekebalan tubuh bayi belum maksimal.

 

Belanja berlebihan kebutuhan bayi

Membeli keperluan bayi merupakan cara untuk menyalurkan dorongan energi yang dialami ibu hamil. Dalam kondisi ini, ibu hamil bisa membeli barang-barang, seperti breast pad, diaper cream, hingga keperluan rumah dengan berbelanja online saat ia terbangun dari tidur di tengah malam.

Menata Barang-Barang
Nesting membuat ibu hamil memiliki keinginan yang kuat untuk mengatur barang-barang agar mudah untuk diambil. Kondisi ini akhirnya membuat ibu hamil ingin menyiapkan kamar untuk buah hati, dan merapikan semua rumah lainnya.

Nesting memang mendorong keamanan bagi ibu hamil dan calon bayi. Penting diingat jika tidak dikendalikan, hal tersebut bisa membuat ibu hamil kelelahan dan berdampak buruk pada kesehatan. Penjelasan selengkapnya baca di sini.

Tunggu Bukaan Persalinan, Bidan Sarankan 3 Goyangan Ini

Dream - Bagi ibu hamil yang sedang menanti persalinan buah hati, penting untuk menyiapkan fisik dan mental. Salah satunya dengan menambah pengetahuan tentang hal-hal apa saja yang bisa dilakukan saat menunggu bukaan lengkap.

Ada yang bukaan 1 hingga 10 terjadi dengan cepat, tapi ada juga yang sebaliknya. Butuh waktu lama hingga bukaan mencapai 10. Untuk menunggu, ibu hamil disarankan untuk melakukan banyak gerak.

Bidan Ony, seorang bidan profesional yang juga praktisi yoga hamil, lewat akun Instagramnya @bidankriwil menyarankan untuk melakukan beberapa gerakan goyang. Lewat video yang diunggahnya, Bidan Kriwil menunjukkan gerakan mudah bagi ibu hamil saat menunggu bukaan.

Bidan Kriwil

"Nunggu bukaan nambah sambil ngapain?? Sambil goyang dong," tulisnya.

 

Lihat video gerakan

Untuk gerakan pertama, ia menyarankan Table Pose. Caranya dengan majukan tangan satu langkah ke depan lalu goyang pinggul. Lakukan beberapa kali, untuk membantu bukaan lebih lancar.

Bisa juga lakukan gerakan Kneeling Hip Circles, dan posisi memutar. Berikut videonya.

      View this post on Instagram

A post shared by Bidan Ony | Kriwilife (@bidankriwil)

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
4 Hal Tak Terduga yang Bisa Membahayakan Kesuburan Pria dan Wanita
4 Hal Tak Terduga yang Bisa Membahayakan Kesuburan Pria dan Wanita

Banyak faktor yang membuat kesuburan jadi bermasalah dan kadang membutuhkan intervensi medis agar kehamilan bisa terjadi.

Baca Selengkapnya
5 Penyebab Hasil Positif di Tes Kehamilan Ternyata Palsu
5 Penyebab Hasil Positif di Tes Kehamilan Ternyata Palsu

Muncul garis dua, tapi ketika diperiksakan ke dokter hasilnya ternyata negatif.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
DRESS IT! Tips Cara Mengikat Ujung Kemeja Biar Kece
DRESS IT! Tips Cara Mengikat Ujung Kemeja Biar Kece

Sahabat Dream harus lihat dan ikutin nih cara-cara mengikat ujung kemeja biar rapi dan lebih kece.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Kelakuan Tim Content Creator Kalau Kerja
NOTED KAK! Kelakuan Tim Content Creator Kalau Kerja

Tiap divisi di kantor pasti punya cara kerja yang beda? Nah begini kelakuan tim konten Dream biar dappat FYP

Baca Selengkapnya