Penyebab Ibu Hamil Sering Alami Sakit Kepala

Kadang sakit kepala ini muncul tiba-tiba dan menghilang dengan sendirinya.

Mutia
| 6 Oktober 2018 17:31

Dream - Sakit kepala jadi salah satu keluhan yang kerap dilontarkan oleh ibu hamil. Mulai dari awal kehamilan bahkan hingga menjelang persalinan. Kadang sakit kepala ini muncul tiba-tiba dan menghilang dengan sendirinya.

Perubahan hormon saat hamil jadi pemicu utamanya. Selain itu, berikut adalah penyebab lain dari seringnya sakit kepala saat hamil seperti dilansir dari The Health Site.

Kurang tidur
Gangguan hormonal semasa hamil juga bisa berdampak pada sulitnya ibu untuk tidur. Efek dari berkurangnya durasi dan kualitas tidur adalah sakit kepala akan muncul.

Dehidrasi
Kurangnya asupan cairan semasa hamil akan membuat ibu mengalami dehidrasi. Sakit kepala jadi salah satu efeknya. Cara terbaik untuk mengetahui apakah sakit kepala itu terjadi karena dehidrasi atau bukan, minum 1-2 gelas air sambil bernapas secara mendalam. Jika dipicu dehidrasi, maka sakit kepala tersebut tidak mudah hilang dalam beberapa waktu.

Rasa lapar
Rasa lapar yang berkepanjangan juga akan menyebabkan penurunan kadar gula darah dan sakit kepala. Sehingga selama kehamilan, ibu disarankan untuk selalu menyediakan camilan sehat.

Stres
Perubahan hormonal yang terjadi secara kolektif semasa hamil juga bisa jadi penyebab depresi. Sakit kepala adalah hasil logisnya. Untuk meringankan sakit kepala tersebut, cobalah untuk rutin melakukan yoga dan meditasi.

Pembatasan konsumsi kafein
Semasa hamil, para ibu disarankan untuk membatasi konsumsi kopi. Hal ini akan membuat sakit kepala sering muncul di awal.

Hipertensi
Hipertensi selama hamil atau preeklamsia juga sering jadi penyebab sakit kepala. Jika disebabkan karena tekanan darah yang tinggi, maka ibu perlu perawatan dan pengobatan intensif.

Sumber: Febrianti Diah/ Merdeka.com

Awkarin Pensiun & Jual Instagramnya?

Jangan Lewatkan