Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Penyakit Menular yang Bisa Menyerang Anak Pasca Banjir

Penyakit Menular yang Bisa Menyerang Anak Pasca Banjir Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Musim hujan dan banjir seperti sekarang, orangtua harus memberikan perlindungan ekstra pada kesehatan anak. Dalam cuaca ini anak-anak memang sangat rentah terhadap serangan penyakit, terutama penyakit menular.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) melalui akun Instagramnya, mengungkap beberapa jenis penyakit yang ditularkan melalui air banjir dan sering menulari anak-anak. Penyakit tersebut antara lain demam tifoid, kolera, diare, hepatitis A dan infeksi kulit.

Dalam kondisi banjir dan pasca banjir, banyak juga penyakit yang ditularkan melalui hewan. Yaitu demam dengue, demam berdarah, leptospirosis dan malaria. Ada banyak cara untuk melakukan pencegahan penularan penyakit tersebut pada anak. Ketahui langkah-langkahnya berikut.

 

Pencegahan Penting Penyakit Menular Pada Anak

Aspek kebersihan jadi hal yang utama. Setelah banjir, biasanya kondisi rumah sangat kotor dan berantakan. Sisa air banjir dan lumpur masih belum dibersihkan secara sempurna.

Anak sebaiknya diungsikan ke tempat yang lebih bersih untuk sementara, hingga rumah dalam kondisi bersih. Saat menyiapkan makanan atau susunya, pastikan tangan dalam keadaan bersih.

Selalu cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Perhatikan juga pembuangan kotoran, jika membuang popok sekali pakai si kecil, bungkus dulu dalam kantung plastik. Jangan dibiarkan terbuka karena akan mempercepat peredaran bakteri.

Untuk anak yang masih menyusu, memberikan ASI adalah yang terbaik. Hal ini mengingat menyiapkan susu formula membutuhkan air panas dan kondisi lingkungan yang benar-benar bersih. Pasalnya jika tidak steril, baik botol maupun proses pembuatannya, anak akan berisiko tinggi terkena diare.

 

Sumber air bersih dan makanan hangat

Perhatikan juga minuman yang dikonsumsi anak. Pastikan air tersebut sudah dimasak hingga mendidih atau berasal dan kemasan bersegel. Bakteri sangat mudah memampari air minum, untuk itu perhatikan kebersihan sumber air minum.

Untuk makanan, usahakan untuk selalu memberikan makanan hangat agar terhindar dari keracunan. Pastika anak selalu mengenakan alas kaki saat bermain di luar dan ingatkan si kecil agar tidak bermain di genangan air sisa banjir.

Sumber: IDAI

Musim Hujan Datang, Beri 4 Minuman Penangkal Sakit untuk Si Kecil

Dream - Cuaca dingin, angin kencang dan hujan bisa terjadi kapan pun. Musim hujan seperti sekarang, biasanya anak-anak mudah terserang penyakit. Mulai dari flu, batuk hingga diare.

Penting bagi orangtua untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh buah hati. Bisa dengan memberikan vitamin tambahan atau menyiapkan minuman khusus kaya vitamin yang bisa menjaga imunitasnya.

Ada minuman yang bisa diberikan pada anak demi menjaga kesehatannya. Apa saja?

1. Yogurt
Selain susu, Sahabat Dream juga bisa memberikan yogurt. Minuman satu ini mengandung banyak bakteri baik untuk sistem pencernaannya. Bakteri tersebut akan melindungi ususnya secara lebih intensif.

Pilih yogurt tawar lalu tambahkan buah-buahan manis untuk mendapat asupan gizi maksimal. Bisa dijadikan camilan di antara jam makan. Anak-anak cenderung lebih suka disajikan dingin.

 

2. Shakes dan smoothie

Beberapa anak tidak suka rasa susu dan membuat alasan untuk menghindarinya, untuk itu smoothie dan shakes bisa menjadi pilihan. Ibu dapat membuat shake buah yang cepat dan mudah dengan sedikit gula dan lebih banyak susu atau smoothie buah yang bagus menggunakan kacang dan madu yang sehat.

 

3. Air kelapa

Air kelapa tidak hanya menjaga keseimbangan elektrolit yang sempurna tetapi juga membuat anak-anak terhidrasi sepanjang hari. Disarankan untuk minum air kelapa segar jika anak mengalami gangguan pencernaan.

4. Jus buah dan sayuran

Jus buah segar dan sayuran merupakan cara terbaik untuk mengisi kembali nutrisi yang hilang adalah. Kandungan vitamin dan mineralnya akan sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga tak mudah sakit saat musim hujan datang.

Laporan Anisha Saktian Putri/ Sumber: Fimela.com

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Jangan Biarkan Anak Bergadang, Bisa Picu Masalah Telinga hingga Konsentrasi
Jangan Biarkan Anak Bergadang, Bisa Picu Masalah Telinga hingga Konsentrasi

Begadang bisa menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang pada anak. Ketahui apa saja dampak begadang lainnya.

Baca Selengkapnya
Cara Memilih Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Terbaru 2024
Cara Memilih Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Terbaru 2024

Simak dan ikuti cara memilih susu untuk menaikkan berat badan anak, agar gizi anak tetap seimbang dan terpenuhi.

Baca Selengkapnya
Redakan Bengkak Pasca Persalinan dengan 4 Langkah Efektif
Redakan Bengkak Pasca Persalinan dengan 4 Langkah Efektif

Pembengkakan mungkin disertai rasa sakit atau nyeri saat ditekan dan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.