Penyakit Kulit yang Sering Menyerang Anak di Musim Hujan

Sangat mudah menular baik di dalam rumah mapun di luar rumah.

Mutia
| 12 Maret 2018 10:02

Dream - Musim hujan seperti saat ini, menjaga kesehatan si kecil memang harus dilakukan lebih ekstra. Cuaca yang dingin, daya tahan tubuh yang lemah, bisa membuat anak bisa dengan mudah tertular penyakit.

Salah satunya penyakit kulit yaitu impetigo. Impetigo tergolong infeksi yang mudah sekali menyebar baik di dalam rumah mapun di luar rumah. Penyakit ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu impetigo krustosa (tanpa gelembung cairan) dan impetigo bulosa (dengan gelembung berisi cairan).

Jenis impetigo yang pertama disebut hanya menyerang anak-anak. Daerah yang rentan terkena biasanya di wajah, terutama di hidung dan mulut. Sementara impetigo bulosa bisa menimpa
anak-anak hingga orang dewasa. Bagian tubuh yang paling sering diserang adalah ketiak, dada, dan punggung.

Terkadang waktu penderita datang berobat, vesikel atau bula (benjolan berisi cairan) telah pecah. Dokter spesialis anak, dr. Rianita Syamsu Sp. A, membenarkan impetigo bulosa memang lagi sering menyerang anak-anak.

" Rata-rata dalam sehari, saya menangani dua hingga tiga anak yang terpapar impetigo bulosa," ujar dr Rianita, kepada Liputan6.com.

Menurutnya, impetigo bulosa mudah menyerang anak-anak, terutama yang memiliki riwayat alergi. Munculnya ruam ini seringkali di dekat selangkangan.

" Bentuknya seperti melepuh mirip cacar, lecet, atau berbentuk bentol-bentol gede. Penyakit ini umumnya muncul saat peralihan cuaca hujan dan panas seperti sekarang. Semua debu rumah pada naik ke permukaan," kata dr. Rianita.

Ia pun menyarankan kepada orangtua untuk memperhatikan kondisi kebersihan di sekitar anak. Terutama di rumah, tempat tidur dan ruang bermainnya.

" Untuk mencegah impetigo bulosa dapat dilakukan dengan berbagai cara, terutama soal higienitas. Bakteri bisa masuk lewat mainan, kasur, seprei, karpet, boneka bulu, kasur lipat, handuk, maupun sofa. Alangkah baiknya untuk mensterilkan semua dari debu dengan mencuci lalu menjemurnya di bawah sinar matahari," ujar dia.

Hal lain yang bisa disiasati adalah dengan mandi teratur dengan sabun antiseptik. Anak-anak juga harus dikontorl kebersihan tubuhnya seperti cuci tangan teratur, menjaga kuku jari tetap
pendek dan bersih.

Sumber: Doddy Irawan/ Liputan6.com

Apa manfaat dan Tips perawatan baby spa untuk bayi

Jangan Lewatkan