Penyakit Ini Bisa Sebabkan Anak Mengalami Demensia

Biasanya mulai dialami pada masa anak-anak, antara usia 5 dan 10 tahun.

Mutia Nugraheni
| 18 April 2021 10:31

Tipe Penyakit Batten

Tidak hanya meningkatkan risiko demensia pada anak, penyakit batten juga dapat menjadi penyebab kematian dini. Penyakit batten yang menyerang anak terbagi menjadi 3 tipe, yaitu:

1. Congenital BCL
Kondisi NCL bawaan dapat menyebabkan bayi terlahir dengan kondisi kejang, serta ukuran kepala terlalu kecil (mikrosefali). Kondisi ini dapat meningkatkan risiko kematian dini, yakni setelah bayi dilahirkan.

2. Infantile NCL (INCL)
Infantile NCL (INCL) umumnya terjadi antara usia 6 bulan dan 2 tahun. Kondisi ini dapat mengakibatkan mikrosefali, serta kontraksi di otot hingga membuat tubuh tersentak. Sebagian besar anak yang lahir dengan kondisi INCL akan meninggal sebelum mereka genap berusia 5 tahun.

3. Late Infantile NCL (LINCL)
Biasanya dimulai antara usia 2 dan 4 tahun, dengan gejala seperti kejang yang tidak membaik dengan pengobatan. Keluhan yang terjadi akibat kondisi ini termasuk hilangnya koordinasi otot.

Dalam banyak kasus, penyakit batten juga bisa menyebabkan kebutaan pada anak. Hal ini pun dikatakan oleh dr. Dyah Novita Anggraini. Menurutnya, kebutaan adalah tanda awal munculnya penyakit batten, apalagi jika sebelumnya si kecil tidak mengalami masalah dengan penglihatannya.

“Pada pemeriksaan mata, anak dengan penyakit batten biasanya akan terdeteksi mengalami kebutaan,” kata dr. Dyah.

Selengkapnya baca di sini.

BERANI BERUBAH: Lepas Gengsi, Jemput Rezeki

Jangan Lewatkan