Penting, Ajarkan Anak Pertolongan Pertama Saat Kecelakaan

Anak-anak terlihat sangat antusias mendengarkan beberapa arahan dari anggota PMI.

Muhammad Ilman Nafi'an
| 15 Agustus 2018 14:10

Dream - Tindakan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) sangat penting untuk diajarkan pada anak-anak. Insiden terluka atau kecelakaan bisa terjadi kapan pun. Dengan memberikan pengetahuan tentang P3K, anak sudah memiliki 'modal' penting jika terjadi sesuatu.

Seperti yang dilakukan Hansaplast yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) di SDN 07, Kalibata Timur, Jakarta pada hari ini 15 Agustus 2018. Anak-anak di sekolah tersebut diberikan pelatihan P3K.

" Hansaplast ingin mengajak anak-anak dapat menanganidengan tepat situasi-situasi yang membutuhkan pertolongan pertama," ujar Setiawan Saputra, marketing manager dari Hansaplast di Jakarta, Rabu 15 Agustus 2018.

Dalam pelatihan itu, anak-anak diberikan pemahaman mengenai bagaimana cara menangani apabila ada temannya yang pingsan, berdarah akibat terjatuh dan beberapa penangan pertolongan pertama lainnya. Anak-anak juga diberi pemahaman apabila ada ambulans yang lewat dengan membunyikan sirine harus berbuat apa.

Anak-anak terlihat sangat antusias mendengarkan beberapa arahan dari anggota PMI. Siswa siswi itu terlihat bersemangat ketika ada pertanyaan yang diberikan.

" Kalau ada ambulans itu kita harus minggir. Kalau enggak minggir nanti orangnya bisa meninggal," kata Andri.

Divisi Kesehatan PMI, Istianasari berharap, acara ini dapat membuat anak-anak memilik keinginan menjadi pahlawan pertolongan pertama.

" Tindakan sekecil apapun dalam situasi dalam situasi pertolongan pertama dapat membantu. Sebaiknya tidak menertawakan atau me-bully temannya yang mengalaminya kecelakaan kecil seperti terjatuh atau terpeleset," kata Istiana.

Ma'ruf Amin: Terorisme Itu Bukan Jihad

Jangan Lewatkan