Penting! Peringatan Ikatan Dokter Anak Soal Virus Covid-19

Sudah ada dua pasien balita yang positif Covid-19.

Mutia Nugraheni
| 16 Maret 2020 12:02

Dream - Dua pasien positif corona, yang diumumkan beberapa hari lalu diketahui berumur 2 dan 3 tahun. Fakta tersebut tentunya membuat para orangtua semakin khawatir. Pemerintah pun akhirnya mengeluarkan kebijakan untuk menutup sekolah.

Hal ini diharapkan bisa mengurangi laju penularan virus. Aman Pulungan, ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) juga mengeluarkan rekomendasi penting. Melalui akun Instagram idai_ig, ia mengeluarkan peringatan penting untuk menerapkan hidup bersih dan sehat di rumah.

Hindari dulu kebiasaan mencium tangan orangtua. Bagi yang sedang sakit, jangan ciumi anak balita.

"Terapkan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah. Anak-anak sebaiknya tak dibawa ke kerumunan ataupun keramaian. Selain itu anak jangan dibiasakan, cium tangan kepada yang lebih tua dan anak kecil balita jangan dicium- ciumin lagi," pesan dr. Aman.

Bagi orangtua yang bekerja dan pulang ke rumah, Aman juga mengingatkan untuk selalu membersihkan diri lebih dulu. Jangan sampai membawa penyakit dan menulari anak.

"Bila orangtuanya harus bekerja dan terekspos dengan keramaian sampai rumah, mandi kemudian ganti baju, cuci tangan dan lain-lain," ungkap dr. Aman.

Selanjutnya :

Cegah Penularan Corona, Nadiem Keluarkan Instruksi Khusus untuk Sekolah

Cara Samuel Rizal Terapkan Hidup Sehat Pada Anak

Jangan Lewatkan