Penting Dilakukan Para Ayah Saat Ibu Sedang Mengandung

Peran suami atau calon ayah sangat besar dalam selama kehamilan. Baik dukungan fisik maupun psikologis.

Mutia Nugraheni
| 26 Februari 2017 17:01

Dream - Proses kehamilan selama sembilan bulan lamanya bukan hal yang mudah. Perubahan dan keluhan fisik pastinya dialami para ibu. Mereka akan merasakan mual, mudah lelah, sakit kepala, hingga sulit tidur.

Tak hanya itu, kondisi psikologis juga jadi lebih sensitif. Peran suami atau calon ayah sangat besar dalam proses ini. Tentunya untuk membuat kehamilan jadi lebih nyaman dan ibu jadi lebih
tenang selama proses persalinan. Lalu apa saja yang sebaiknya dilakukan para ayah?

Pijatan ringan
Meski tak lihai memijat, sentuhan atau pelukan akan sangat membantu para ibu untuk mengurangi level stres selama kehamilan. Pijatan di kaki, punggung atau leher akan sangat membatu ibu hamil untuk lebih rileks. Cara ini juga bisa membuat para ayah melakukan kontak dengan janin di rahim sambil mengajaknya bicara.

Pekerjaan rumah
Saat hamil tubuh sangat mudah lelah, tak boleh membawa benda berat apalagi naik turun tangga. Jadi, jangan segan untuk turun tangan melakukan beberapa pekerjaan rumah. Terutama pekerjaan yang membutuhkan kekuatan fisik dan bisa berbahaya bagi ibu hamil jika melakukannya.

Pelajari prosesnya
Banyak Ayah yang tidak memiliki waktu untuk mempelajari tentang kehamilan dan proses melahirkan. Temani pasangan Anda saat mendatangi kelas prenatal dan memeriksa kandungan.
Ikut serta mempelajari hal tersebut akan sangat membantu, terutama ketika ayah harus membuat keputusan besar, saat ibu berada di ruang persalinan.

Dukungan emosi
Terjadi fluktuasi hormon selama proses kehamilan. Tak heran kalau ibu hamil sangat mudah menangis, tertawa, kesal dan kondisi perasaannya bisa berubah dengan cepat. Sabar dan selalu menemaninya adalah kunci agar emosinya bisa kembali stabil. Ia sangat membutuhkan dukungan suami untuk bisa menopang kebutuhan emosinya.

 

Laporan Gemma Fitri Purbaya

 

Sumber: The Spurce

 

Streaming Catat! Ini Cara Menyimpan Uang Rp75 Ribu Agar Tak Mudah Rusak

Jangan Lewatkan