Penting Dilakukan Ibu Hamil Saat Posisi Bayi Sunsang

Dari pemeriksaan ultrasonografi (USG) akan terlihat jelas posisi bayi. Jika sunsang, dokter pastinya akan memberi saran khusus.

Mutia Nugraheni
| 6 Agustus 2017 08:07

Dream - Posisi janin dengan bagian kaki atau bokong yang menghadap jalan lahir memang menimbulkan kekhawatiran para ibu. Apalagi jika usia kandungan sudah memasuki proses persalinan antara 36 hingga 38 minggu.

Dari pemeriksaan ultrasonografi (USG) akan terlihat jelas posisi bayi. Jika sunsang, dokter pastinya akan memberi saran khusus.

Ibu dan ayah juga harus bersiap-siap dengan segala kemungkinan. Selain itu, lakukan langkah-langkah berikut agar proses persalinan baik normal maupun melalui operasi caesar tetap mengutamakan kondisi kesehatan ibu dan bayi

- Konsultasikan soal external cephalic
Jika pada usia kandungan 37 minggu janin masih dalam posisi sunsang, tanyakan pada dokter bisakah melakukan external cephalic. Yaitu memberi tekanan pada perut dengan tangan untuk mencoba membuat bayi Anda berada dalam posisi normal. Hal ini hanya boleh dilakukan oleh dokter kandungan atau bidan.

" Setiap pasien yang dengan janin posisi sungsang harus diberi pilihan ini, kecuali ada kontraindikasi lain," kata Andrew S. Gardner, M.D., asisten profesor klinis kebidanan dan ginekologi di New York University Langone Medical Center.

- Perbanyak jalan kaki
Berjalan-jalan dan melakukan peregangan betis bisa membantu melonggarkan ligamen dan jaringan ikat yang menyangga rahim dan panggul. Aktivitas fisik dapat menciptakan lebih banyak ruang sehingga bayi dapat memutar tubuhnya dan menyelipkan dagunya untuk memudahkan kelahiran. Jika mendapat persetujuan dari dokter, lakukan posisi squat atau jongkok dapat membantu posisi bayi turun dengan benar.

 

BERANI BERUBAH: Ketika Bisnis dan Beramal Bersatu

Jangan Lewatkan