Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Penting Diingat, Hal yang Harus Dihindari Saat Program Hamil

Penting Diingat, Hal yang Harus Dihindari Saat Program Hamil Ilustrasi/ Shutterstock

Dream - Menjalani program hamil, pasangan suami istri tentunya harus kompak. Salah satu yang penting dilakukan adalah memperbaiki gaya hidup. Pola hidup sehat tak dipungkiri berdampak sangat signifikan pada kesuburan.

Bukan hanya kesuburan calon ibu tapi juga calon ayah. Bagi Sahabat Dream yang tengah merencanakan kehamilan bersama pasangan ada baiknya menghindari hal-hal berikut. Tentunya agar kondisi tubuh selalu fit dan kemungkinan hamil jadi lebih besar. Apa saja yang harus dihindari

Merokok
Merokok, selain meningkatkan risiko kanker paru-paru, usus besar, dan pankreas serta mengganggu kesehatan secara keseluruhan, juga dapat membuat sulit untuk hamil. Perempuan yang merokok mempercepat penuaan folikel ovarium, yang dapat menyebabkan menopause dini dan risiko kemandulan yang lebih tinggi. Ementara pada pria, penelitian menunjukkan bahwa merokok dapat merusak struktur dan fungsi sperma, dengan tingkat keparahan kerusakan yang terkait dengan jumlah rokok yang dihisap.

Terlalu Banyak Kafein
Tak perlu menghentikan konsumsi kopi, tetapi harus mempertimbangkan untuk mengurangi jumlah cangkir yang diminum setiap hari. Agar sehat, batasi diri hingga dua cangkir atau kurang dalam sehari. Minum lebih dari lima cangkir kopi per hari dikaitkan dengan penurunan kesuburan, dan minum lebih dari 200 mg kafein per hari setara dengan sekitar dua cangkir kopi dapat meningkatkan risiko keguguran setelah hamil.

 

Dua Hal yang Juga Harus Dihindari

Aktivitas Fisik yang Berlebihan
Olahraga memang baik bagi tubuh, tapi penting diingat untuk tidak melakukannya secara berlebihan. Latihan intensitas tinggi dikaitkan dengan waktu lebih lama untuk hamil. Salah satu penjelasan potensial adalah bahwa olahraga berlebihan dapat menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan dan perubahan hormonal, yang dapat menyebabkan menstruasi yang tidak menentu.

Kecemasan Kronis
Sulit memang untuk menghilangkan semua ketegangan dari hidup kita. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa semakin besar ketegangan yang dirasakan, semakin sulit bagi perempuan untuk hamil. Stres, terutama jika berlangsung dalam waktu lama, dapat menyebabkan perubahan hormonal yang dapat memengaruhi ovulasi dan kesuburan. Jika mengalami kesulitan menangani stres, bicarakan dengan dokter tentang cara-cara untuk mengatasi dan mencari terapi alternatif seperti yoga, meditasi, dan akupunktur, yang semuanya dapat membantumu rileks dan meningkatkan peluang untuk hamil.

Laporan Gayuh Tri/ Sumber: Fimela

Sumber Pertengkaran Saat Jalani Program Hamil, Siapkan Mental!

Dream - Menjalani program hamil, bukan hanya harus menyiapkan waktu dan biaya, tapi juga mental. Baik bagi calon ibu maupun calon ayah. Kondisi psikologis juga akan naik turun, karena pastinya muncul beban dan tekanan.

Salah satu yang membuat gagalnya program hamil adalah pasangan bukan mendekat malah menjauh. Pertengkaran kerap kali terjadi dan buat kondisi emosi jad tak stabil.

"Pasangan yang sudah lama berusaha untuk punya anak mungkin menjadi tidak sabar dan kecewa. Kesedihan dan ketidakberdayaan mungkin muncul dalam bentuk pertengkaran, mudah tersinggung, tidak puas, atau kesal," ujar Mayra Mendez, Ph.D., seorang psikoterapis keluarga.

Menurut Mayra ada beberapa sumber pertengkaran yang kerap dialami pasangan saat jalani program kehamilan seperti bayi tabung. Komunikasi terus-menerus dan siapkan mental

1. Keputusan untuk memiliki bayi
Banyak pasangan tidak sependapat tentang waktu pengambilan keputusan. Sementara wanita dibebani oleh detak keras jam biologis mereka, sementara pria sering kali ingin menghabiskan lebih banyak waktu untuk menikmati hidup sebagai pasangan.

Sebelum memulai program, pasangan memang harus memabahasanya secara detail. Memang, istri yang akan menjalani kehamilan tapi keterlibatan suami juga sangat dibutuhkan agar program bisa berjalan dengan baik.

 

2. Kapan mulai mencoba

Kedua pasangan secara terbuka mungkin ingin memiliki keluarga suatu hari nanti, 'jadwal' mungkin tidak sesuai. Misalnya, satu pasangan mungkin berada dalam skenario kerja yang ideal untuk memulai sebuah keluarga, sementara yang lain baru saja memulai pekerjaan baru yang membutuhkan semua waktu, energi, dan sumber daya.

Wanita seringkali berada pada posisi yang lebih sulit, karena mereka juga dihadapkan pada konsep jam biologis mereka. Kesuburan seorang wanita mulai menurun di awal usia 30-an dan meningkat secara dramatis setelah usia 35. Tekanan ini terkadang dapat menyebabkan pertengkaran karena kurangnya pemahaman di pihak pria.

 

Menghilangnya Keintiman

3. Kurangnya keintiman dalam hubungan mereka
Saat seks hanya menjadi langkah penting untuk 'memunculkan' bayi, hal ini tentunya menyedihkan. Untuk itu sangat penting mengembalikan keintiman ke dalam hubungan. Seringkali hubungan seks malah jadi beban dan tak ada kesenangan di dalamnya. Disarankan bagi pasangan yang sedang menjalani program kehamilan juga mengikuti terapi atau berkonsultasi dengan konsultan pernikahan.

4. Saling menyalahkan
Program kehamilan tak selalu berjalan lancar, gagal, kesakitan, kecewa, amarah kerap muncul. Hal ini kadang memicu emosi yang tak terkendali dan berujung pada pertengkaran. Seringkali terucap kata saling menyalahkan yang membuat hubungan malah makin merenggang. Sebaiknya hindari ucapan menyalahkan satu sama lain.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Ingin Segera Hamil? Bisa Mulai dengan Kendalikan Level Stres
Ingin Segera Hamil? Bisa Mulai dengan Kendalikan Level Stres

Saat stres, otak akan mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh kalau kondisi tersebut bukanlah 'saat yang tepat' untuk hamil.

Baca Selengkapnya
Hukum Puasa bagi Ibu Hamil Bisa Makruh, Haram, dan Wajib, Begini Penjelasannya
Hukum Puasa bagi Ibu Hamil Bisa Makruh, Haram, dan Wajib, Begini Penjelasannya

Ibu hamil memiliki keringanan untuk bisa menunda kewajiban menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Baca Selengkapnya
Kadar Hb Ibu Hamil Rendah Bisa Berujung Bahaya
Kadar Hb Ibu Hamil Rendah Bisa Berujung Bahaya

Perhatikan asupan sehari-hari untuk menjaga level Hb tetap normal selama hamil.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
4 Hal Tak Terduga yang Bisa Membahayakan Kesuburan Pria dan Wanita
4 Hal Tak Terduga yang Bisa Membahayakan Kesuburan Pria dan Wanita

Banyak faktor yang membuat kesuburan jadi bermasalah dan kadang membutuhkan intervensi medis agar kehamilan bisa terjadi.

Baca Selengkapnya
Rawat Kondisi Mental Saat Hamil, Ibu Dianjurkan Konsultasi
Rawat Kondisi Mental Saat Hamil, Ibu Dianjurkan Konsultasi

Saat Hamil Level Cemas Meningkat, Pastikan Ibu Rawat Kesehatan Mental

Baca Selengkapnya
Gampang Marah Saat Hamil? Jangan Buru-Buru Salahkan Hormon
Gampang Marah Saat Hamil? Jangan Buru-Buru Salahkan Hormon

Jangan ragu untuk minta bantuan profesional ketika mengalami masalah emosi yang sangat menganggu saat hamil.

Baca Selengkapnya
Keluhan Kehamilan yang Sering Dianggap Wajar tapi Bisa Jadi Tanda Bahaya
Keluhan Kehamilan yang Sering Dianggap Wajar tapi Bisa Jadi Tanda Bahaya

Jangan ragu untuk konsultasi dokter demi kesehatan ibu hamil dan janin.

Baca Selengkapnya
Hobi Makanan Pedas Saat Hamil, Bahaya Gak ya Bun?
Hobi Makanan Pedas Saat Hamil, Bahaya Gak ya Bun?

Ini pendapat para ahli mengenai mengonsumsi makanan pedas selama kehamilan.

Baca Selengkapnya