Penting Diajarkan Saat Anak Remaja Mulai Jerawatan

Satu hal yang sering dikeluhkan para remaja ini saat mereka dalam masa puber adalah jerawat.

Mutia Nugraheni
| 20 Agustus 2017 08:28

Dream - Memiliki anak yang beranjak remaja Anda bukan hanya harus bersiap-siap dengan perkembangan psikologisnya yang lebih kritis. Tapi juga kadang kepercayaan dirinya, karena penampilan fisik mereka jadi sangat berbeda.

Pada remaja perempuan, payudaranya mulai membesar, mereka juga sudah datang bulan. Begitu juga remaja pria dan suaranya sudah pecah serta jakun yang mulai menonjol. Satu hal yang sering dikeluhkan para remaja ini saat mereka dalam masa puber adalah jerawat.

" Produksi dan fluktuasi hormon yang begitu tinggi saat puber, memicu tumbuhnya jerawat. Ada yang hanya beberapa namun ada juga 'membanjiri' wajah sampai membuat anak remaja kehilangan kepercayaan dirinya. Jika anak menarik diri karena masalah jerawat ini jangan menganggapnya remeh," kata Angela Palmer, seorang dokter kulit, seperti dikutip dari Very Well.

Menurut Palmer, tampilan fisik bagi remaja merupakan hal penting. Saat mereka mengalami masalah fisik seperti berjerawat ini dan tak ditangani dengan baik maka akan berdampak panjang.

" Anak remaja ini perlu diberi tahu kalau jerawat yang tumbuh ini adalah karena produksi hormon, jadi merupakan hal wajar dan tak perlu merasa malu. Ajarkan mereka untuk rutin membersihkan wajah, memakai krim pelindung wajah termasuk juga mengonsumsi sayur dan buah untuk membantu pemulihan jerawat jadi lebih cepat," ujar Palmer.

Jika memang ada obat jerawat yang ingin digunakan, maka harus digunakan secara teratur. Tapi yang pasti pengobatan jerawat di pasaran hasilnya tak akan instan dan butuh proses yang mungkin butuh waktu lama.

Berkonsultasi dengan dokter kulit juga sebaiknya dilakukan jika kondisi jerawat dirasa sudah sangat menggangu dan semakin parah. Dokter tentunya akan memberikan rekomendasi yang lebih tepat untuk mengatasi masalah jerawat remaja.

 

 

Masak Pintar dengan SHARP bersama Chef Deny Gumilang | Online Dream Camp 2020

Jangan Lewatkan